Home > Destinasi > Keindahan dan Kemewahan Kain Songket Khas Palembang

Keindahan dan Kemewahan Kain Songket Khas Palembang

Kain Tenun Khas Palembang

Selain tersohor dengan kulinernya, yaitu pempek, Kota Palembang juga terkenal dengan kain tenun khas kota tersebut. Bagi kamu yang berkunjung ke ‘Kota Pempek’, kain songket juga bisa menjadi oleh-oleh untuk keluarga ataupun sanak saudara.

Kain songket memiliki banyak keistimewaan. Karena corak hiasnya yang terbuat dari benang emas dan perak, menjadikan kain tenun tersebut terlihat mewah sehingga menjadi primadona.

Selain benang emas dan perak, terdapat jenis lain untuk menghias permukaan kain tenun ini, seperti benang sutra berwarna, sulam, dan katun berwarna.

Tak hanya memiliki keistimewaan, kain songket ini pun memiliki keindahan dari segi warna dan motif yang berbeda dengan kain tenun jenis lainnya. Teknik pembuatan kain songket juga berbeda dengan lainnya.

Baca juga:  Cita Rasa Kelezatan Pindang Musi Rawas

Beberapa waktu lalu, liburasik.com berkesempatan mengunjungi salah satu toko yang menjual kain songket, yaitu Toko Ilham Songket. Toko tersebut menjual bermacam jenis dan motif kain songket. Sobat liburasik dapat menemui toko tersebut di Pasar Kito, Kompleks Ramayana/Pertokoan, Jl Letkol Iskandar No 41, 24 Ilir, Kec Bukit Kecil, Kota Palembang.

Ketika mengunjungi Toko Ilham Songket, pemilik sekaligus penjual kain songket tersebut menyambut dengan baik dan ramah kedatangan liburasik.com sambil menawarkan barang dagangannya. Penjual tersebut juga menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan liburasik.com dengan ramah.

Motif kain songket yang dijual di Toko Ilham Songket ini juga beragam, mulai motif bunga tanjung, bunga melati, sampai pucuk rebung. Selain itu, kain songket juga terdiri atas beberapa jenis, dari yang khas, modern, klasik, hingga langka. Adapun jenis songketnya, seperti lepus, tawur, tretes, bungo pacik, limar, dan kombinasi.

Baca juga:  Jalan-jalan, olahraga dan bertanding di GOR Saparua

Toko Ilham Songket menjual kain songket, mulai harga tertinggi sampai terendah. Untuk harga tertinggi, dibanderol sekitar Rp5 juta-Rp10 juta. Sementara itu, harga terendah dibanderol sekitar Rp300 ribu-Rp600 ribu.

Bagi sobat liburasik yang berencana ke Kota Palembang, jangan lewatkan untuk membeli kain songket khas Palembang ini, ya!

Selengkapnya tayangan tentang koleksi kain songket Palembang, dapat kamu saksikan pada video di bawah ini! (Ans/L1)

Leave a Reply