Home > Destinasi > Pesona Alam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah salah satu tempat wisata yang tidak pernah sepi pengunjung, baik penduduk lokal maupun wisatawan mancanegara. Terletak di Jawa Timur, taman nasional ini mencakup wilayah yang sangat luas dengan sejumlah objek wisata alam yang beragam dan mengesankan.

Taman ini dilegalisasi oleh Kongres Taman Nasional Sedunia pada tanggal 14 Oktober 1982 dan diresmikan sebagai taman nasional oleh pemerintah Indonesia pada tanggal 12 November 1992. Peresmian tersebut dilakukan dengan pertimbangan bahwa alam, lingkungan, serta potensi yang terdapat di kawasan ini harus dilindungi. Sebut saja Gunung Bromo dan Gunung Semeru, dua gunung vulkanik yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat ini merupakan bagian dari taman nasional tersebut. Tentu, bukan dua gunung itu saja yang bisa teman-teman kunjungi, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru masih memiliki banyak keindahan alam yang bisa mereka tawarkan.

Baca juga:  Menjelajahi Kampung Kapitan: Jejak Sejarah dan Budaya di Palembang

Salah satu highlight yang dikejar-kejar oleh wisatawan adalah sunrise atau matahari terbit. Mereka rela berangkat ke transit point dari kota asal mereka saat malam buta dan kemudian berangkat menggunakan mobil Jeep ke Bukit Penanjakan atau Bukit Cinta. Di atas bukit ini wisatawan dapat menyaksikan indahnya matahari terbit yang berdampingan dengan gunung-gunung yang ada. Sayangnya, faktor alam memang bukan kehendak kita untuk memilih, sehingga terkadang yang terlihat hanya lautan kabut.

Setelah terbit matahari, teman-teman bisa melakukan tur mengelilingi taman nasional ini dan mengunjungi objek-objek wisata lain di dalamnya, seperti Bukit Teletubbies. Tempat ini disebut demikian karena memiliki bentuk yang mirip dengan bukit-bukit di serial TV anak-anak “Teletubbies”. Di sini wisatawan akan disuguhkan dengan rerumputan hijau yang membentang luas menyelimuti bukit-bukit kecil. Selain itu, terdapat pula jasa penyewaan kuda, dimana pengunjung dapat mengelilingi padang rumput dan ilalang di Bukit Teletubbies ini dengan menaiki kuda.

Baca juga:  Menjelajahi Fasilitas Olahraga Kelas Dunia di Jakabaring Sport City

Selanjutnya, teman-teman dapat mengunjungi objek wisata Pasir Berbisik. Pada dasarnya, tempat ini merupakan hamparan pasir yang meluas seperti lautan. Lautan pasir inilah yang mengelilingi salah satu objek wisata yang terkenal di taman nasional ini, yaitu Gunung Bromo.

Dengan ketinggian 2.329 mdpl, Gunung Bromo ini merupakan salah satu tujuan utama bagi wisatawan di wilayah Jawa Timur (jika teman-teman mencari yang tertinggi, maka lihat pula Gunung Semeru yang juga merupakan bagian dari taman nasional ini). Gunung berapi aktif ini dikelilingi oleh hamparan pasir dan bukit-bukit lainnya yang menambah keindahan pemandangan. Teman-teman dapat menyewa kuda untuk mengantarkan kalian ke kaki gunung ini, dimana kemudian kalian dapat menaiki sekitar 250 anak tangga menuju Kawah Gunung Bromo. Pemandangan dari atas pun tidak kalah gokil! Wisatawan dapat melihat orang-orang dan kuda-kuda yang berlalulalang di bawah serta panorama Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang indah. Akan tetapi, teman-teman harus berhati-hati di sekitar Kawah Gunung Bromo ini, karena tidak ada pembatas antara kawah dengan jalur wisatawan.

Baca juga:  Menikmati Surga Tropis di Kepulauan Gili

(Athifa Hafizha Putri, Kandidat Juara Kategori Favorit LMADWI 2108)

***

---

Dukung Liburasik.com untuk Terus Menyajikan Konten yang Informatif dan Inspiratif! Silahkan klik Nih buat jajan

---

You may also like
Kambang Iwak Tampil Lebih Hijau, Cantik dan Indah
Galeri Bursa Efek Indonesia
Belajar tentang Pasar Modal di Galeri Bursa Efek Indonesia
Menjelajahi Fasilitas Olahraga Kelas Dunia di Jakabaring Sport City
Pempek, Makanan Favorit Wong Kito

Leave a Reply

-Untuk kerjasama promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner, sponsored article, dan penayangan banner, silahkan hubungi e-mail: admin@liburasik.com-