Home > Destinasi > Menyelami Keindahan dan Sejarah Candi Prambanan

Menyelami Keindahan dan Sejarah Candi Prambanan

Menyelami Keindahan dan Sejarah Candi Prambanan

Candi Prambanan, salah satu situs warisan dunia UNESCO, adalah destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan saat mengunjungi Yogyakarta, Indonesia. Dibangun pada abad ke-9, kompleks candi ini merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia, terkenal dengan arsitektur megah dan relief yang menakjubkan.

Keindahan Arsitektur Candi Prambanan

Candi Prambanan memiliki 240 candi kecil di sekitarnya, dengan tiga candi utama yang didedikasikan untuk Trimurti dalam kepercayaan Hindu: Brahma, Wisnu, dan Siwa. Candi Siwa yang berada di tengah adalah yang terbesar dan tertinggi, mencapai ketinggian 47 meter. Arsitektur candi ini sangat mengagumkan dengan detail ukiran yang rumit menggambarkan berbagai kisah epik dari Ramayana dan Mahabharata.

Baca juga:  Bakmi Mbah Gito, Kuliner Populer di Yogyakarta dengan Nuansa Jawa

Sejarah Singkat Candi Prambanan

Dibangun oleh Raja Rakai Pikatan dari Wangsa Sanjaya, Candi Prambanan adalah simbol kejayaan Kerajaan Mataram Hindu. Kompleks ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah tetapi juga sebagai pusat kegiatan budaya dan sosial pada zamannya. Meskipun sempat terlupakan dan tertutup oleh abu vulkanik selama berabad-abad, Candi Prambanan kembali ditemukan dan dipulihkan pada awal abad ke-20.

Aktivitas Menarik di Candi Prambanan

Mengunjungi Candi Prambanan bukan hanya tentang melihat bangunan megah, tetapi juga menikmati berbagai aktivitas menarik. Salah satu yang paling terkenal adalah pertunjukan Sendratari Ramayana, sebuah drama tari yang menceritakan kisah epik Ramayana dengan latar belakang Candi Prambanan yang diterangi cahaya malam. Pertunjukan ini biasanya diadakan pada malam hari dan menawarkan pengalaman budaya yang memukau.

Baca juga:  Pesona Kecantikan Alami Pantai Papuma

Tips Mengunjungi Candi Prambanan

Untuk mendapatkan pengalaman terbaik, kunjungi Candi Prambanan pada pagi atau sore hari untuk menghindari terik matahari. Jangan lupa membawa topi, kacamata hitam, dan air minum yang cukup. Pemandu wisata lokal juga tersedia untuk memberikan penjelasan mendalam tentang sejarah dan arsitektur candi. Pastikan juga untuk mengeksplorasi candi-candi kecil di sekitar kompleks utama.

Candi Prambanan adalah destinasi yang memadukan keindahan arsitektur dan kekayaan sejarah. Setiap sudut candi ini menceritakan kisah masa lalu yang penuh dengan kejayaan dan budaya. Jika Anda merencanakan perjalanan ke Yogyakarta, pastikan untuk menyempatkan waktu mengunjungi Candi Prambanan dan merasakan pesona magisnya. Dengan berbagai aktivitas menarik dan pemandangan yang menakjubkan, kunjungan Anda ke Candi Prambanan akan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Baca juga:  Pantai Kerang Mas Menjadi Tempat Singgah Pelaju Jalan Lintas Pantai Timur
Kabin Bagasi Koper Tas Travel Polo
You may also like
Menelusuri Pesona Kota Lama Semarang Warisan Sejarah yang Memukau
Menelusuri Pesona Kota Lama Semarang: Warisan Sejarah yang Memukau
Menelusuri Keindahan Sejarah di Kawasan Kota Tua Jakarta
Menelusuri Keindahan Sejarah di Kawasan Kota Tua Jakarta

1 Response

  1. Pingback : Menjelajahi Keajaiban Kathmandu: Panduan Wisata untuk Pecinta Petualangan - liburasik.com

Leave a Reply

-Untuk kerjasama promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner, sponsored article, dan penayangan banner, silahkan hubungi e-mail: admin@liburasik.com-