Home > Destinasi > Mengintip Daya Tarik Wisata Alun-Alun Kota Jember

Mengintip Daya Tarik Wisata Alun-Alun Kota Jember

Alun-alun Kota Jember

Alun-Alun Kota Jember merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup menonjol di tengah kota tersebut. Keberadaannya memiliki peranan penting karena dikelilingi beberapa bangunan vital dan kawasan perkantoran, seperti Kantor Bupati Jember, Masjid Jami’ AI-Baitul Amien, kantor pos pusat, lembaga pemasyarakatan, Aula Kota Jember, Bank BNI, Bank BRI, Bank Jatim, dan Bank Mandiri.

Karena berada di lokasi yang strategis, tepatnya di tengah kota, menjadikan alun-alun ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah. Sobat Liburasik dapat mengunjunginya di Kaliwates, Jl PB Sudirman, Kp Using, Jemberlor, Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur, 68131.

Dahulu Alun–Alun Kota Jember difungsikan sebagai tempat pertemuan untuk berdiskusi, bercakap-cakap, serta mengadakan kegiatan pesta rakyat. Hingga kini, Alun-Alun Kota Jember digunakan sebagai tempat untuk beraktivitas, seperti olahraga basket ataupun sepakbola, serta arena bermain anak.

Alun-alun Kota Jember

Foto: liburasik.com

Menariknya, Alun-Alun Kota Jember ini menjadi tempat diadakannya pergelaran Jember Fashion Carnaval (JFC) atau yang biasa dikenal event karnaval busana yang dilaksanakan setiap tahun. Uniknya lagi, kostum yang dipakai pada event karnaval busana tersebut tidaklah biasa. Pasalnya, sejumlah model mengenakan busana yang nyentrik dan nyeleneh.

Beberapa hari lalu, tepatnya pada Senin (25/1), liburasik.com berkesempatan berkunjung ke Alun-Alun Kota Jember. Saat itu, terlihat suasana di sekitar alun-alun tampak sepi pada siang hari. Biasanya memang Alun-Alun Kota Jember ini mulai dipadati pengunjung saat menjelang sore hari.

Baca juga:  Jalan-jalan ke Curug Cindulang, Bukit Telettubies dan Candi di Cicalengka

Selanjutnya, liburasik.com berkeliling kawasan Alun-Alun Kota Jember sambil menikmati suasananya. Di tepi sekitar alun-alun, terdapat banyak pedagang kaki lima yang menjajakan jualan mereka.

Alun-alun Kota Jember

Foto: liburasik.com

Terlihat pada bagian tengah alun-alun tampak kosong dan hanya ditanami rumput-rumput. Alun-alun tersebut juga menyediakan lapangan yang luas sebagai sarana olahraga, seperti basket dan sepak bola. Selain itu, terdapat beberapa deret pohon kelapa sawit dan tumbuhan lain yang mengelilingi Alun-Alun Kota Jember sehingga seakan menambah keasrian dan kesejukan. Hal itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan sehingga betah berlama-lama menikmati suasana di alun-alun tersebut.

Adapun beragam fasilitas menarik yang tersedia di kawasan Alun-Alun Kota Jember ini, di antaranya taman bermain anak dan pendopo sebagai tempat mengadakan pertemuan, kegiatan rapat, ataupun diskusi.

Setelah puas berkeliling Alun-Alun Kota Jember, liburasik.com menuju ke Masjid Jami’ AI-Baitul Amien yang ada di seberangnya. Selain itu, liburasik.com juga sempat melihat dan mengunjungi Kantor Bupati Jember yang berada di seberang alun-alun sembari melanjutkan perjalanan.

Baca juga:  Menjelajahi Fasilitas Olahraga Kelas Dunia di Jakabaring Sport City

Bagi kamu yang berkunjung ke Jember, Jawa Timur, jangan lupa mampir ke Alun-Alun Kota Jember ini, ya! (Ans/L1)

Leave a Reply