Home > Destinasi > Berbelanja Kain Tenun Ulos di Pasar Balige

Berbelanja Kain Tenun Ulos di Pasar Balige

Jika kamu berkunjung ke kawasan Balige yang berada di pesisir Danau Toba, Sumatera Utara, kurang lengkap rasanya tidak berbelanja oleh-oleh kain tenun ulos khas Batak.

Salah satu sentra penjualan kain tenun khas Batak adalah Pasar Balige. Karena berada di lokasi yang strategis, di pusat Kota Balige, membuat pasar tradisional ini ramai didatangi pengunjung, terutama setiap Jumat. Itu karena pada Jumat sering diadakan pekan. Kamu bisa mengunjungi Pasar Balige di Jl Sisingamangaraja, Napitupulu Bagasan, Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Pada akhir November lalu saat berlibur di Kota Balige, liburasik.com tak lupa untuk mampir ke Pasar Balige untuk berbelanja dan melihat-lihat keunikan kain tenun ulos khas Batak.

Kain Tenun Ulos

Foto: liburasik.com

Kain Tenun Ulos

Foto: liburasik.com

Sebelum memasuki tempat ini, kamu akan disuguhi enam balairung berarsitektur rumah adat Batak yang terpampang tulisan ‘Pasar Balige’ sehingga membuat kamu tertarik mengunjunginya.

Setelah asyik berkeliling di Pasar Balige, liburasik.com pun menemui dan mampir ke salah satu toko yang menjual kain tenun ulos. Penjualnya kami panggil dengan sebutan namboru. Beragam jenis ulos dipajang di toko itu. Namboru tersebut pun begitu ramah menawarkan berbagai motif ulos kepada liburasik.com.

Bermacam-macam suvenir tersedia di toko ini, dari kain tenun ulos, ikat kepala yang disebut sortali, kemeja laki-laki, dress, rok, tas, syal, taplak meja, hingga bed cover.

Pasar Balige

Foto: liburasik.com

Suvenir-suvenir tersebut terbuat dari motif khas Batak yang menggambarkan tradisi adatnya. Tak banyak orang ketahui jenis kain tenun ulos khas Batak ini dinamakan sadum dan sasadum.

Sebagai pakaian adat tradisional Batak, kain tenun ulos ini menjadi keistimewaan dan keunikan tersendiri yang memiliki nilai seni. Uniknya lagi, kain ini merupakan tenunan asli yang langsung dibuat perajinnya. Kualitas kain tenun ulos asli ini pun sudah tidak diragukan. Pasalnya, kain ini dibuat menggunakan warna dan motif yang menarik sehingga semakin menambah unsur keindahannya. Tak mengherankan jika kain tenun ulos ini sering kali dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

Baca juga:  Berburu Oleh-oleh Khas Samosir

Kamu tak perlu khawatir untuk berbelanja dan berburu kain tenun ulos di Pasar Balige ini karena harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Suvenir yang dijual dari harga Rp20 ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Untuk harga kain tenun ulos, dibanderol sekitar Rp200 ribu-Rp400 ribu. Harga dress dibanderol Rp150 ribu, kemeja pria seharga Rp120 ribu, rok Rp75 ribu,  juga bed cover  Rp600 ribu.

Nah, bagi sobat liburasik yang berkunjung ke Kota Balige ini, pastikan untuk mampir dan jangan lupa berbelanja serta berburu kain tenun ulos khas Batak ini, ya! (Ans/L1)

 

You may also like
Sovonta Hotel
Pilihan Hotel Strategis di Balige dengan Bujet Murah

Leave a Reply