Home > Destinasi > Masjid Sultan Suriansyah Ikon Desa Wisata Kuin Utara Berumur 5 Abad

Masjid Sultan Suriansyah Ikon Desa Wisata Kuin Utara Berumur 5 Abad

Masjid Sultan Suriansyah Ikon Desa Wisata Kuin Utara Berumur 5 Abad

Desa Wisata Kuin Utara berada di tepi Sungai Kuin, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Desa ini memiliki daya tarik yang kuat terutama terkait dengan wisata sejarah. Wilayah ini dulu dikenal sebagai pusat penyebaran agama Islam di bawah Pemerintahan Kerajaan Banjar pimpinan Sultan Suriansyah.

Wisatawan yang berkunjung ke Desa Kuin Utara dapat menelusuri dan napak tilas perjalanan kerajaan melalui sejumlah peninggalan sejarah yang hingga kini masih terawat dengan baik. Salah satunya adalah Masjid Sultan Suriansyah. Masjid ini telah berusia lebih dari 5 abad ini (dibangun tahun 1526) dan merupakan masjid tertua di Kalimantan Selatan. Pola ruang yang dimilikinya mirip dengan Masjid Agung Demak.

Baca juga:  Jalan Malioboro, Destinasi Populer di Yogyakarta

Masjid yang juga dikenal dengan sebutan Masjid Kuin ini lekat dengan gaya arsitektur khas Banjar. Konstruksi dasarnya adalah rumah panggung berbahan dasar kayu ulin dan beratap tumpang tiga dengan hiasan mustaka pada bagian atapnya. Di bagian dalam masjid terdapat sebuah mimbar yang juga terbuat dari kayu besi/ulin. Lengkungan di muka mimbar dihiasi kaligrafi Arab. Di bawah tempat duduk mimbar terdapat undak-undak berjumlah sembilan yang dihiasi dengan ukiran berupa sulur-suluran, kelopak bunga, dan arabes yang distilir. Di bagian mihrab, atapnya terpisah dengan bangunan induk.

Masjid Sultan Suriansyah telah ditetapkan sebagai cagar budaya pada 23 Mei 2008. Masjid ini juga telah mengalami beberapa kali pemugaran. Namun keaslian bentuknya tetap dijaga, dan beberapa ornamen seperti tiang juga masih asli.

Baca juga:  Mengenal Gereja Blenduk: Keindahan Arsitektur Kolonial di Semarang

Sumber: Kemenparekraf

---

Dukung Liburasik.com untuk Terus Menyajikan Konten yang Informatif dan Inspiratif! Silahkan klik Nih buat jajan

---

You may also like
Desa Wisata Undisan Jaga Kelestarian Seni dan Budaya
Desa Wisata Undisan Jaga Kelestarian Seni dan Budaya

Leave a Reply

-Untuk kerjasama promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner, sponsored article, dan penayangan banner, silahkan hubungi e-mail: admin@liburasik.com-