Home > DKI Jakarta > Serunya Berburu Takjil di Masjid Taman Cahaya Kedoya

Serunya Berburu Takjil di Masjid Taman Cahaya Kedoya

Ramadhan tiba.. Ramadhan tiba.. Ramadhan tiba..

Pasti sudah tidak asing kan dengan lantunan lagu tersebut? Sebelumnya, liburasik.com mengucapkan Selamat Menyambut Bulan Suci Ramadan ya, Sobat Liburasik.

Jika membahas tentang Ramadan, rasanya tak lengkap tanpa ngabuburit dengan mencari makanan berbuka puasa atau yang biasa disebut takjil. Ketika berkeliling Jakarta, liburasik.com akhirnya berburu takjil di daerah Kedoya, tepatnya di depan Masjid Taman Cahaya.

Foto: LiburAsik

Saat liburasik.com tiba, sudah ada sekitar 10 stan berdiri kukuh yang digunakan para pedagang untuk menjajakan takjil mereka. Tidak hanya dari kalangan ibu-ibu yang berjualan, tetapi juga ada para remaja, lo. Sobat Liburasik dapat memilih menu berbuka puasa sesuai dengan keinginan kamu.

Terdapat berbagai makanan yang umumnya pasti diburu masyarakat menjelang berbuka puasa, salah satu yang paling tak asing ialah lontong berisi sayuran maupun oncom. Juga ada aneka gorengan, seperti tahu, tempe, martabak tahu, dan pisang goreng. Makanan serbagaring itu memang laris diincar masyarakat.

Selain itu, nuansa bulan puasa terasa kurang komplet jika tak ada cita rasa makanan yang khas dari Ramadan, kolak pisang. Penganan yang berasal dari perpaduan kuah santan dan gula aren yang diberi potongan ubi serta pisang kepok ini dijual di beberapa stan dalam kemasan gelas plastik seharga Rp5.000.

Foto: LiburAsik

Lebih menariknya lagi, terdapat pedagang yang menjual makanan tradisional asal ‘Negeri Tirai Bambu’. Penganan dari olahan ayam yang dikukus dan dibungkus dengan kulit pangsit yang disebut dimsum ini merupakan buatan tangan sendiri alias homemade.

Soal harga, dibanderol hanya Rp2.000 per satuannya. Tersedia beberapa variasi taburan dimsum, dari wortel, jamur, hingga potongan keju. Racikan bumbunya juga terasa lezat, tidak terlalu asin, dan gurih. Apalagi ditambah dengan lelehan saus sambal dan disantap ketika masih hangat, wah makin lezat deh!

Baca juga:  Kota Tua, Tempat yang Penuh Sejarah

Saat sudah puas mencari makanan berbuka puasa, liburasik.com berburu minuman segar. Di depan Masjid Taman Cahaya juga tersedia beberapa minuman, salah satunya es timun suri yang diberi sirop seharga Rp5.000. Di sisi lain, ada fakta menarik tentang menu dagangan seorang penjual. Penjual tersebut menjajakan minuman dengan menu berbeda setiap hari agar pembelinya tidak bosan, salah satu yang paling sering diminati ialah es janda bolong.

Bagi Sobat Liburasik yang sedang ngabuburit di wilayah Jakarta, jangan lupa melipir sejenak ke Masjid Taman Cahaya, ya! Takjil yang Sobat Liburasik inginkan sudah pasti tersedia dengan harga terjangkau dan rasa yang enak. Liputan takjil tersebut selengkapnya dapat dilihat dalam video pada link https://youtu.be/0cngR5kloQI (Ara/L1).

Leave a Reply