Home > Destinasi > Eksotis Geowisata Batu Angus

Eksotis Geowisata Batu Angus

Eksotis Geowisata Batu Angus

Sesuai dengan namanya, objek wisata Batu Angus merupakan hamparan batu yang terlihat hangus terbakar. Terlihat, hmparan batuan yang hangus mirip stalaktit hitam tersebut membentang dari kaki Gunung Gamalama hingga ke pantai.

Munculnya geowisata Batu Angus di Ternate bukan tanpa alasan. Penting diketahui, terbentuknya Batu Angus di Ternate berasal dari tumpukan bebatuan dari lahar beku yang mengarah ke laut akibat letusan Gunung Gamalama 1673 silam.

Memiliki proses yang cukup panjang, konon fenomena alam lelehan lava akibat letusan Gunung Gamalama sudah terjadi sejak 1737, yang kemudian membentuk Batu Angus di Kubala. Mamasuki 1763 terbentuk Batu Angus di Tubo Turaga, lalu pada 1907 membentuk Batu Angus di antara belakang Bandara Sultan Babullah hingga Tarau, Kecamatan Ternate Utara.

Baca juga:  Menelusuri Keindahan Sejarah di Kawasan Kota Tua Jakarta

Bukan batu biasa, Batu Angus di Ternate memiliki kepadatan tinggi, bertekstur kasar, dan memiliki bentuk yang tidak beraturan. Bahkan, banyak yang bilang jika bebatuan di geowisata Batu Angus mirip dengan batuan penyusun candi di Pulau Jawa.

Dikenal unik dan menawan, sangat masuk akal jika geowisata Batu Angus Ternate menjadi destinasi wisata unggulan, baik bagi wisatawan dalam maupun luar negeri. Tidak hanya sekadar melihat hamparan bebatuan saja, di geowisata Batu Angus Sobat Parekraf juga akan disuguhi dengan pemandangan alam tiada dua, dan semilir angin yang menyejukkan.

(Sumber: Kemenparekraf)

---

Dukung Liburasik.com untuk Terus Menyajikan Konten yang Informatif dan Inspiratif! Silahkan klik Nih buat jajan

---

Leave a Reply

-Untuk kerjasama promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner, sponsored article, dan penayangan banner, silahkan hubungi e-mail: admin@liburasik.com-