Home > Info > Tugas dan Wewenang Housekeeping Hotel

Tugas dan Wewenang Housekeeping Hotel

Tugas dan Wewenang Housekeeping Hotel

Housekeeping merupakan departemen fungsional sebuah hotel. Tugas dan wewenangnya begitu luas dan kompleks, yaitu menjaga dan merawat setiap area hotel (antara lain kamar, area umum, area belakang, dll) agar selalu tampak bersih, rapi dan indah. Hasil kerjanya akan menentukan tampak muka suatu hotel.

Selain itu, komunikasi dengan departemen lain juga harus baik. Dengan resepsionis misalnya, jangan sampai tamu check in masuk kamar yang belum dibersihkan. Begitu juga dengan mekanik, siapa tahu ditemukan kerusakan peralatan rumah tangga dan perangkat elektronik saat membersihkan kamar.

Pembagian kerja di departemen housekeeping

Banner_Bantu Beasiswa Pendidikan Vokasi

1. Room Section
Bagian ini bertanggung jawab untuk membersihkan dan merapikan kamar atau kamar setelah tamu pergi. Lebih detil lagi antara lain mengganti sprei dan selimut, membersihkan debu, dan membersihkan kamar mandi, termasuk juga mengambil cucian kotor dan mengantarkannya ke laundry.

Baca juga:  Tips Praktis Membuat Paspor

2. Publick Area Section
Tanggung jawabnya ialah melakukan pemeliharaan terhadap area publik seperti lobi, kolam renang, gimnasium, dan area publik lainnya. Kebersihan area publik harus sangat dijaga, karena banyak orang yang lalu lalang dan menggunakannya.

3. Laundry Section
Seperti namanya, bagian ini bertanggung jawab untuk mencuci, menyetrika, dan melipat semua kain yang digunakan di hotel, antara lain handuk, handuk mandi, gorden, seprai, dan selimut termasuk seragam karyawan. Tamu juga dapat menggunakan jasa laundry yang dibayar pada saat check-out.

4. Linen Section
Tugas karyawan yang bekerja di Linen Section ialah mendistribusikan seprai dan kain bersih ke semua kamar yang membutuhkan.

5. Florist and Gardener
Departemen ini bertanggung jawab atas keindahan taman dan bunga. Florist bertanggung jawab atas kesegaran dan keindahan karangan bunga, sedangkan gardener bertugas memelihara tanaman dan taman.

Baca juga:  Bantuan Insentif dari Kemenparekraf dalam Bingkai Gercep sepanjang 2021

Artikel ini sudah pernah terbit di travel2lampung.com

Kabin Bagasi Koper Tas Travel Polo

Leave a Reply

-Untuk kerjasama promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner, sponsored article, dan penayangan banner, silahkan hubungi e-mail: admin@liburasik.com-