Home > Destinasi > Pantai Kerang Mas Menjadi Tempat Singgah Pelaju Jalan Lintas Pantai Timur

Pantai Kerang Mas Menjadi Tempat Singgah Pelaju Jalan Lintas Pantai Timur

Pantai Kerang Mas

Pantai Kerang Mas yang terletak di Desa Muara Gading Mas, Kecamatan Labuhan Maringgai, merupakan salah satu pantai yang terkenal dan populer di Kabupaten Lampung Timur. Lokasinya sangat mudah dijangkau, tidak jauh dari Jalan Lintas Pantai Timur.

Pada era tahun 1980-an tempat ini disebut Muara Ucal. Selanjutnya, berganti nama dengan Pantai Kerang Mas, pemberian dari Kepala Desa.

Tiket masuk pantai ini cukup murah, hanya Rp10.000 per orangnya. Bahkan, anak-anak cukup membayar separuhnya saja. Pengunjung dapat menggunakan berbagai fasilitas yang tersedia, antara lain parkir, mushollah, gazebo, aula, wahana ATV, kamar mandi, dan kamar salin.

Pantai Kerang Mas

(Foto: C. Sefrika/liburasik.com)

Pantai Kerang Mas

(Foto: C. Sefrika/liburasik.com)

Gazebo biasanya dipakai untuk istirahat dan bersantai. Tak perlu membayar untuk menggunakannya. Sedangkan, aula untuk berbagai acara, juga untuk menyambut kedatangan tamu.

Baca juga:  Pesona Alam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Sebelum ada tol, pantai ini sering dijadikan tempat beristirahat oleh pengendara yang melewati Jalan Lintas Pantai Timur. Mereka datang dari arah Bakauheni menuju kota-kota di Sumatera, seperti Palembang, Jambi, Pekanbaru bahkan Medan dan Aceh. Atau juga sebalikya, dari kota-kota tersebut, yang akan menyeberang ke Pulau Jawa melewati Pelabuhan Bakauheni.

Namun walaupun begitu, saat jalan tol sudah ada, pantai ini tetap ramai terutama oleh wisatawan lokal, dan juga dari kota-kota lain di Provinsi Lampung.

Pantai Kerang Mas sangat cocok sebagai tempat untuk menghilangkan rasa penat karena aktivitas sehari-hari. Pengunjung biasanya datang bersama teman ataupun keluarga.

Buat Sobat liburasil.com yang ingin berkunjung ke sana, kalau dari Bandar Lampung jaraknya sekitar 86 km. Rute yang diambil ialah melalui Jalan Sutami menuju Simpang Sri Bawono. Setelah bertemu Jalan Lintas Pantai Timur belok ke kanan ikuti jalan menuju pantai, kira-kira 13 km lagi.

Baca juga:  Keindahaan Alam di Sunrise Point Cukul

Kalau dari Ibukota Kabupaten Lampung Timur, yaitu Sukadana, ikuti terus Jalan Lintas Pantai Timur ke arah Bakauheni. Jarak antara Kota Sukadana dengan Pantai Kerang Mas sekitar 55 km.

Sedangkan, Sobat Travel2Lampung yang berasal dari Pulau Jawa dan baru saja menyeberangi Selat Sunda, setelah merapat di Pelabuhan Bakauheni jaraknya tinggal 66 km lagi. Waktu yang diperlukan sekitar 1 jam 15 menit.

Penulis: C. Sefrika
Editor: Dwi

Baca juga liputannya di travel2lampumg.com

Leave a Reply