Home > Luar Negeri > Monumen Vittorio Emanuele II: Simbol Kemegahan dan Persatuan Italia

Monumen Vittorio Emanuele II: Simbol Kemegahan dan Persatuan Italia

Monumen Vittorio Emanuele II Simbol Kemegahan dan Persatuan Italia

Monumen Vittorio Emanuele II, juga dikenal sebagai Altare della Patria atau Altar Tanah Air, adalah salah satu landmark paling mengesankan di Roma, Italia. Didedikasikan untuk Raja Vittorio Emanuele II, raja pertama Italia bersatu, monumen ini mencerminkan kemegahan dan kekuatan persatuan Italia. Artikel ini akan membahas sejarah, arsitektur, serta tips wisata untuk mengunjungi Monumen Vittorio Emanuele II.

Sejarah Monumen Vittorio Emanuele II

1. Pembangunan dan Dedikasi:

  • Monumen ini dibangun untuk menghormati Vittorio Emanuele II, yang memainkan peran penting dalam penyatuan Italia. Pembangunan dimulai pada tahun 1885 dan selesai pada tahun 1925, dengan upacara peresmian yang dihadiri oleh pejabat tinggi negara.

2. Kontroversi dan Kritik:

  • Selama konstruksinya, monumen ini menerima berbagai kritik karena skalanya yang besar dan lokasinya yang menonjol, yang mengakibatkan penghancuran beberapa bangunan bersejarah di Roma. Namun, seiring waktu, monumen ini telah diterima sebagai simbol penting dari identitas nasional Italia.
Baca juga:  Piramida Mesir: Keajaiban Arkeologi yang Abadi

Arsitektur Monumen Vittorio Emanuele II

1. Desain dan Struktur:

  • Monumen ini dirancang oleh arsitek Giuseppe Sacconi dalam gaya neoklasik, terinspirasi oleh arsitektur Yunani dan Romawi kuno. Monumen ini memiliki tinggi 70 meter dan lebar 135 meter, dengan teras besar yang menghadap ke Piazza Venezia.

2. Patung dan Relief:

  • Di pusat monumen terdapat patung perunggu besar Vittorio Emanuele II yang menunggang kuda, dikelilingi oleh relief dan patung yang menggambarkan alegori berbagai wilayah Italia. Di dasar patung terdapat api abadi yang dijaga oleh dua prajurit dari angkatan bersenjata Italia sebagai penghormatan kepada tentara yang gugur.

3. Altar Tanah Air:

  • Bagian utama monumen ini dikenal sebagai Altare della Patria (Altar Tanah Air), yang berisi makam prajurit tak dikenal, sebagai simbol penghormatan kepada semua tentara Italia yang tidak dikenal yang gugur dalam perang.
Baca juga:  Phuket Tawarkan Pengalaman Memikat

Wisata Monumen Vittorio Emanuele II

1. Pemandangan dari Teras:

  • Pengunjung dapat naik ke teras monumen menggunakan lift modern untuk menikmati pemandangan 360 derajat kota Roma. Dari sini, Anda dapat melihat berbagai landmark terkenal seperti Colosseum, Forum Romawi, dan Basilika Santo Petrus.

2. Museo Centrale del Risorgimento:

  • Di dalam monumen terdapat Museo Centrale del Risorgimento, yang menampilkan pameran yang mendokumentasikan perjuangan Italia untuk kemerdekaan dan penyatuan. Museum ini menyimpan artefak, dokumen, dan karya seni yang terkait dengan periode Risorgimento.

3. Acara dan Upacara:

  • Monumen ini sering menjadi tempat berbagai upacara kenegaraan dan acara resmi, termasuk peringatan Hari Kemerdekaan Italia pada tanggal 2 Juni setiap tahun.

Tips Berkunjung ke Monumen Vittorio Emanuele II

1. Waktu Terbaik untuk Berkunjung:

  • Untuk menghindari keramaian, datanglah pada pagi hari atau menjelang sore. Pemandangan matahari terbenam dari teras monumen juga sangat indah.
Baca juga:  Taj Mahal: Keajaiban Arsitektur dan Simbol Cinta Abadi

2. Pakaian dan Persiapan:

  • Kenakan pakaian yang nyaman dan sepatu yang sesuai, terutama jika Anda berencana untuk berjalan-jalan di sekitar area monumen dan Piazza Venezia.

3. Tiket dan Informasi:

  • Masuk ke monumen ini gratis, tetapi ada biaya untuk naik lift ke teras. Informasi lebih lanjut dan tiket untuk lift dapat diperoleh di pusat informasi wisata di dekat monumen.

Monumen Vittorio Emanuele II adalah salah satu simbol utama kemegahan dan persatuan Italia. Dengan sejarah yang kaya, arsitektur yang mengesankan, dan pemandangan yang spektakuler, monumen ini menjadi tujuan wajib bagi siapa saja yang mengunjungi Roma. Sebagai lambang kebanggaan nasional, Monumen Vittorio Emanuele II tidak hanya menawarkan pengalaman visual yang luar biasa tetapi juga mengundang refleksi tentang perjalanan panjang Italia menuju persatuan dan kemerdekaan.

Silahkan baca juga tentang destinasi di Italia: https://liburasik.com/keajaiban-arsitektur-yang-menantang-gravitasi-mengunjungi-menara-pisa-di-italia/

---

Dukung Liburasik.com untuk Terus Menyajikan Konten yang Informatif dan Inspiratif! Silahkan klik Nih buat jajan

---

You may also like
Keajaiban Arsitektur yang Menantang Gravitasi Mengunjungi Menara Pisa di Italia
Keajaiban Arsitektur yang Menantang Gravitasi: Mengunjungi Menara Pisa di Italia
Menemukan Keajaiban Roma Panduan Wisata ke Kota Abadi di Italia
Menemukan Keajaiban Roma: Panduan Wisata ke Kota Abadi di Italia

Leave a Reply

-Untuk kerjasama promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner, sponsored article, dan penayangan banner, silahkan hubungi e-mail: admin@liburasik.com-