Home > News > Kawasan Pariwisata The Mandalika Sukses Jadi Tuan Rumah Mandalika Ultra Trail 100

Kawasan Pariwisata The Mandalika Sukses Jadi Tuan Rumah Mandalika Ultra Trail 100

Kawasan Pariwisata The Mandalika Sukses Jadi Tuan Rumah Mandalika Ultra Trail 100

Kawasan Pariwisata The Mandalika yang dikelola oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) telah sukses menjadi tuan rumah perhelatan event World Superbike (WSBK) Indonesian Round, 19-21 November 2021. Setelahnya, sukses kembali untuk event sport tourism berskala internasional, yaitu Mandalika Ultra Trail 100 pada 4-5 Desember. Penyelenggaranya adalah FOneSport yang juga didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Ultra Trail Run merupakan lomba lari berstandar internasional dengan kualifikasi Ultra Trail du Mont Blanc (UTMB). Ada tiga kategori jarak tempuh, yakni 114 km, 51 km, dan 25 km. Lomba ini diikuti oleh 202 pelari dari 6 negara, antara lain Brazil, Cina, Belanda, Inggris, Norwegia, dan Indonesia.

Baca juga:  Pol PP Palembang Tertibkan Bangunan di Kawasan Wisata Sekanak Lambidaro

Melalui siaran pers, Senin (6/12), Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro merasa bangga telah menjadi tuan rumah penyelenggaraan event sport tourism bergengsi. Menurutnya, hal ini akan semakin memperkuat brand image The Mandalika sebagai destinasi sport tourism unggulan di Indonesia. Event lari ini juga telah dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat dan tidak melanggar koridor-koridor yang telah ditetapkan pemerintah untuk mencegah terciptanya outbreak.

Pendiri FOneSport Hendra Wijaya turut menerangkan, sebagai lokasi event Mandalika Ultra Trail 100, The Mandalika memiliki unique selling point sebagai destinasi, yakni keindahan alam hamparan pantai dan jajaran perbukitan hijau. Di samping pemandangan yang indah di kawasan The Mandalika, pelari juga telah menemukan medan yang menantang di sepanjang rute lari.

Baca juga:  Sebentar Lagi Alun-Alun Garut akan Diresmikan

“Kawasan The Mandalika memiliki beragam kontur yang menantang bagi pecinta olahraga ‘trail’. Sehingga dapat memicu adrenalin para peserta. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa kawasan The Mandalika kami pilih untuk menjadi lokasi ajang Ultra Trail 100. Dan, alhamdulillah memenuhi ekspektasi kami bahwa The Mandalika merupakan venue yang layak untuk event ini. Kami juga akan kembali menyelenggarakan event ini tahun depan dengan target peserta yang lebih besar dan luas,” kata Hendra.

Sebagai sebuah destinasi yang dikembangkan dengan konsep sport tourism, The Mandalika telah menjadi venue berbagai kejuaraan olahraga, baik tingkat nasional maupun internasional. Kejuaraan tersebut antara lain balap motor dan mobil seperti World Superbike (WSBK), Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) serta Mandalika Offroad Championship, Surfing seperti (MHA) Open Surfing, paralayang seperti Trip of Indonesia/TROI, dan event multisport seperti Hutama Karya Endurance Challenge: Lombok Series dan TNI Marathon. Sementara tahun 2022, The Mandalika kembali akan menjadi tuan rumah balapan motor internasional yaitu IATC, MotoGP, dan WSBK.

Baca juga:  Bupati Bogor Ade Yasin Luncurkan Festival Wisata Desa

“Melalui berbagai event olahraga yang akan berlangsung di The Mandalika, kami optimistis dapat membantu pemerintah mempercepat pemulihan pariwisata Indonesia pasca pandemi. Selain itu, kami yakin berlangsungnya event-event ini akan memberikan manfaat yang besar bagi perekonomian Indonesia khususnya NTB,” tutup Bram.(*/man/dwi)

Leave a Reply