Home > Jawa Barat > Bupati Bogor Ade Yasin Luncurkan Festival Wisata Desa

Bupati Bogor Ade Yasin Luncurkan Festival Wisata Desa

Bupati Bogor Ade Yasin Luncurkan Festival Wisata Desa

Bupati Bogor Ade Yasin meluncurkan Lomba/Festival Wisata Desa di Setu Cibinong, Selasa (14/12). Lomba tersebut akan dilaksanakan pada tahun 2022 mendatang. Bupati berharap, desa-desa terdorong untuk menemukan potensinya sehingga bermanfaat secara ekonomi, sekaligus dapat melestarikan lingkungan, adat dan budaya setempat.

Ade Yasin menjelaskan, lomba ini merupakan wadah untuk beberapa desa yang punya potensi, terlebih saat ini hampir seluruh desa se-Kabupaten Bogor telah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang sangat berkaitan dengan pemulihan ekonomi desa.

“Jadi, alhamdulilah hampir semua desa sudah memiliki BUMDES yang perlu diberdayakan. Kita akan berikan hadiah bagi pemenang lomba. Jadi, juara pertama kita coba berikan hadiah Rp1 milyar. Festival wisata desa ini bukan hanya untuk mencari desa terbaik dengan potensi wisatanya. Tapi, agar desa dapat menemukenali potensi wisata di desanya. Sehingga, dapat melestarikan lingkungan dan mengoptimalkan potensi wisata untuk mengangkat perekonomian di desanya,” ungkapnya.

Baca juga:  Pemerintah Kucurkan Dana Stimulus PEN Subsektor Film

Ia menambahkan, perlu penguatan untuk desa yang memang punya tempat indah dan strategis. Pemerintah harus membantu dan lebih fokus pada desa, agar desa bisa menemukan potensi tersebut untuk dikelola.

“Pemulihan ekonomi harus didorong secara bersama-sama baik pemerintah, pengusaha, media, intelektual dan unsur pentahelix. Tetap semangat para warga, kita besarkan Kabupaten Bogor dengan potensi wisata desa,” tandasnya.

Selanjutnya, Kepala Disbudpar Deni Humaedi menuturkan, tujuan lomba/festival wisata desa dilakukan untuk menggairahkan wisata desa di tengah pandemi Covid-19, terutama dalam mendorong pemulihan ekonomi di sektor pariwisata Kabupaten Bogor.

“Pertama, rescue bagaimana penyelamatan. Dan saat ini, kita upaya rescue, recovery (pemulihan) sehingga beberapa tahun ke depan kita kembali normal. Alhamdulilah, kita juga memiliki mobil panggung pertunjukan. Dari 27 Kabupaten/Kota di Jabar, hanya Kabupaten Bogor yang punya. Anak SMA, seniman bisa tampil di sini. Tentunya kalau ada panggungg, UMKM pun bisa terus bergerak,” tambah Deni.(*/brg/dwi)

Baca juga:  Kemendikbudristek Tetapkan Lagi 289 Warisan Budaya Takbenda

Leave a Reply