Home > Info > Menparekraf: Gorontalo Karnaval Karawo 2024 Jadi Momen Promosikan Produk Ekraf Lokal

Menparekraf: Gorontalo Karnaval Karawo 2024 Jadi Momen Promosikan Produk Ekraf Lokal

Menparekraf: Gorontalo Karnaval Karawo 2024 Jadi Momen Promosikan Produk Ekraf Lokal

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan event Gorontalo Karnaval Karawo 2024 menjadi momentum yang baik untuk mempromosikan produk ekraf lokal khususnya kain tenun Karawo khas Gorontalo ke pasar nasional maupun internasional.

Saat menghadiri Gorontalo Karnaval Karawo 2024 di GOR Nani Wartabone, Kota Gorontalo, Minggu (24/6/2024), Menparekraf Sandiaga mengungkapkan event yang masuk ke dalam kalender event Kemenparekraf, Kharisma Event Nusantara (KEN) ini merupakan event tahunan Provinsi Gorontalo yang dinantikan seluruh masyarakat. Dalam acara itu juga dipromosikan sulaman tradisional khas Gorontalo, kain Karawo. “Event ini juga kita harapkan mampu memberdayakan UMKM lokal serta menjadi wadah promosi ekonomi kreatif Gorontalo khususnya kain tradisional Karawo,” kata Sandiaga.

Baca juga:  Daihatsu Jual 76 Ribu Unit hingga Mei

Menparekraf Sandiaga mengatakan, event yang digelar pada 21-23 Juni 2024 ini diharapkan mampu mengamplifikasi kehadiran kain Karawo sebagai produk ekonomi kreatif khas Gorontalo. Serta memperkenalkan kain Karawo dan produk ekonomi kreatif Gorontalo ke pasar nasional dan internasional.

Dalam kunjungannya ke Uni Emirat Arab beberapa waktu lalu, Menparekraf Sandiaga sempat mengenakan baju Karawo khas Gorontalo. Oleh karena itu, Menparekraf menegaskan komitmennya untuk senantiasa menghadirkan sejumlah terobosan dalam memperkuat potensi kain Karawo sebagai oleh-oleh khas Gorontalo. Beberapa hal yang dilakukan di antaranya memberikan pelatihan kepada generasi muda dan mempromosikan kain Karawo melalui kolaborasi dengan kekayaan intelektual (KI) lokal.

“Idenya juga bekerja sama dengan beberapa IP lokal seperti Si Juki dan Gundala juga film-film Indonesia yang terkenal agar bisa digunakan sebagai motif (promosi),” katanya.

Baca juga:  Pembukaan Destinasi Wisata Bukit Meralaya

Sementara itu, Pj. Gubernur Gorontalo, Rudy Salahuddin, mengapresiasi dukungan yang diberikan Kemenparekraf terhadap Gorontalo Karnaval Karawo yang mengusung tema “Kreativitas Lokal untuk Global”. “Gorontalo Karnaval Karawo adalah salah satu cara yang ditempuh pemerintah untuk membangkitkan gairah pengrajin dan masyarakat dalam melestarikan Karawo,” ujar Rudy.

Acara ini juga dimeriahkan dengan pawai yang diikuti oleh para peserta yang mengenakan busana bermotif kain Karawo. Acara ini juga dihadiri Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Rizki Handayani.

---

Dukung Liburasik.com untuk Terus Menyajikan Konten yang Informatif dan Inspiratif! Silahkan klik Nih buat jajan

---

You may also like
Tradisi Ruwat Gimbal Dieng dalam Balutan Storynomics Tourism
Tradisi Ruwat Gimbal Dieng dalam Balutan Storynomics Tourism
Menparekraf Siap Perkuat Kolaborasi Kembangkan Sektor Ekraf Purbalingga
Menparekraf Siap Perkuat Kolaborasi Kembangkan Sektor Ekraf Purbalingga
Menparekraf Ajak Santri Ponpes Qomaruddin Gresik Jatim Ciptakan Konten untuk Promosikan UMKM
Menparekraf Ajak Santri Ponpes Qomaruddin Gresik Jatim Ciptakan Konten untuk Promosikan UMKM
Kemenparekraf Dukung Just Dance It Out 2024 di Bali
Kemenparekraf Dukung Just Dance It Out 2024 di Bali

Leave a Reply

-Untuk kerjasama promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner, sponsored article, dan penayangan banner, silahkan hubungi e-mail: admin@liburasik.com-