Home > Aksesibilitas > ASDP Terapkan Tiket Online di Lintasan Bajoe-Kolaka

ASDP Terapkan Tiket Online di Lintasan Bajoe-Kolaka

ASDP Terapkan Tiket Online di Lintasan Bajoe-Kolaka

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) resmi menerapkan layanan reservasi tiket online berbasis website di Lintasan Bajoe-Kolaka yang menghubungkan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara pada Senin (3/6). Layanan reservasi e-ticketing ini dapat diakses melalui situs trip.ferizy.com, sebagai upaya optimalisasi pelayanan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan pelaksanaan go-live di Lintas Bajoe-Kolaka ini sebagai wujud komitmen dan konsistensi ASDP dalam penerapan digitalisasi yakni menghadirkan layanan reservasi tiket online untuk mempermudah mobilitas masyarakat melalui transportasi penyeberangan laut.

“Harapannya ini akan semakin mempermudah masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan kapal ferry. Pengguna jasa tidak perlu khawatir tidak mendapatkan tiket karena bisa melakukan reservasi sejak jauh hari, dan pengguna yang telah bertiket ketika tiba di pelabuhan sudah dipastikan akan berangkat,” ujarnya.

Manfaat lain kehadiran layanan Ferizy berbasis website ini untuk mempersingkat rantai perjalanan barang dan masyarakat. Pelabuhan Bajoe kini telah mampu menampung aktivitas bongkar muat yang cukup banyak,  sekaligus menjadi titik singgah yang strategis bagi pengiriman komoditas dari berbagai daerah dan juga menjadi sentra jembatan penghubung jalur laut yang menghubungkan Jawa, Maluku, dan Papua.

Baca juga:  Libur Natal dan Tahun Baru, Kereta Cepat Whoosh Layani 220.227 Penumpang

Mayoritas kapal mengangkut komoditi perikanan dari dan ke Pelabuhan Bajoe, diantaranya ikan layang segar, udang vaname segar, dan ikan segar lainnya. Sementara komoditi unggulan Kabupaten Kolaka bertumpu pada sektor perkebunan, seperti Kelapa Sawit, Kakao, Kopi, Kelapa, Cengkeh, Jambu Mete, dan Lada. Kemudian sub sektor Pertanian komoditi yang diunggulkan berupa Jagung dan Ubi Kayu.

“Pelabuhan Bajoe dan Kolaka menjadi salah satu penunjang kegiatan perekonomian. Kehadirannya membuat jalur distribusi yang lebih singkat dan berdampak pada efisiensi waktu dan biaya yang lebih murah sehingga mampu memperluas kesejahteraan masyarakat. Diperkuat dengan Ferizy, pengguna jasa dapat memastikan jadwal keberangkatan kapal sehingga kesegaran komoditi yang dibawa tetap terjaga,” jelas Shelvy.

Baca juga:  KCIC Giatkan Sosialisasi Bahaya Bermain Layang-layang di dekat jalur Whoosh

Waktu maksimal pelayanan masuk Kapal di lintasan Bajoe-Kolaka setiap pukul 09.00, 12.00, dan 16.00 WITA dengan jarak tempuh kurang lebih 138 km. Pengguna jasa dapat memilih waktu perjalanan maksimal 30 menit sebelum jadwal keberangkatan dan sudah dapat masuk di 2 jam sebelum waktu pelayanan selesai. Pemesanan tiket juga dapat dilakukan sejak 60 hari sebelum keberangkatan sehingga penumpang dapat merencanakan perjalanannya dengan lebih matang.

Tercatat sejak Januari hingga Mei 2024, total penumpang yang menyeberang di lintasan Bajoe-Kolaka sebanyak 59.108 penumpang dan 16.476 kendaraan dengan rincian 7.143 unit roda dua, 4.047 unit roda empat, 1.005 unit bus, dan 4.281 unit truk logistik. Sebaliknya, total penumpang yang menyeberang di lintasan Kolaka-Bajoe sebanyak 61.415 penumpang dan 13.689 kendaraan dengan rincian 6.273 unit roda dua, 3.163 unit roda empat, 978 unit bus, dan 3.275 unit truk logistik. 

Baca juga:  Bersinergi dengan Pemprov, DAMRI Luncurkan Bus Trans Sulawesi Selatan

Adapun 26 pelabuhan lain yang telah menerapkan pemesanan tiket online melalui aplikasi ataupun website Ferizy, yaitu Merak, Bakauheni, Ketapang, Gilimanuk, Ajibata, Ambarita, Jangkar, Sape, Labuan Bajo, Lembar, Padangbai, Jepara, Karimun Jawa, Ujung, Kamal, Kayangan, Pototano, Tanjung Kalian, Pagimana, Gorontalo, Galala, Hunimua, Waipirit, Namlea, Batulicin, dan Tanjung Serdang. 

Sedangkan untuk kemudahan pembayaran tiket, pengguna jasa dapat menggunakan metode pembayaran melalui mekanisme transfer ataupun virtual account lewat Bank BRI, Mandiri, BNI, BCA, Permata Bank, Maybank, BSI, Danamon, CIMB Niaga, BTPN, Bank Maspion, BTN, dan Pospay. Pembayaran juga dapat dilakukan melalui e-wallet linkAja, shopee pay, blu BCA digital, OVO, dan Dana. Ragam pilihan metode pembayaran tersebut juga mempermudah pengguna jasa dalam melakukan pembayaran sesuai dengan bank atau pun e-wallet yang dimiliki. 

Kabin Bagasi Koper Tas Travel Polo
You may also like
ASDP Layani 447 Ribu Penumpang dan 122 Ribu Kendaraan Saat Libur Idul Adha
ASDP Layani 447 Ribu Penumpang dan 122 Ribu Kendaraan Saat Libur Idul Adha
ASDP Pacu Layanan Penyeberangan ke Destinasi Wisata di Wilayah 3T
ASDP Pacu Layanan Penyeberangan ke Destinasi Wisata di Wilayah 3T

1 Response

Leave a Reply

-Untuk kerjasama promosi, publikasi kegiatan, content placement, media partner, sponsored article, dan penayangan banner, silahkan hubungi e-mail: admin@liburasik.com-