Home > Destinasi > Pesona Raja Ampat ala Kampar

Jalan-jalan ke Kabupaten Kampar, Riau rasanya kurang lengkap jika tidak mengunjungi destinasi wisata baru yang hampir mirip dengan Raja Ampat di Papua yaitu Ulu Kasok. Karena kemiripannya dengan Raja Ampat yang ada di Papua, Ulu Kasok pun dijuluki Raja Ampat KW 3. Setiap hari tempat ini dikunjungi wisatawan yang penasaran dengan keindahan dan keelokan Ulu Kasok.

Ulu Kasok awalnya perkampungan Pulau Gadang. Namun, karena ada Proyek PLTA pada tahun 1991, perkampungan tersebut direlokasi ke Kampung Patin yang masih satu desa dengan pulau Gadang yakni Desa XII Koto Kampar, Bangkinang, Kampar, Riau. Sementara perkampungan Ulu kasok kemudian ditenggelamkan.

Bukit- bukit yang ada disekitar perkampungan tersebut juga ikut tenggelam. Namun begitu tidak semua bukit tenggelam, sebab ada perbukitan yang nampak. Sehingga seperti ada gugusan pulau-pulau kecil di daerah sekitarnya, tepatnya di aliran sungai Kampar. Ulu Kasok sendiri menyajikan 3 wisata, yaitu air terjun, wisata pulau dan puncak Ulu Kasok. Dan yang paling banyak dikunjungi dari ketiga ini adalah Puncak Ulu Kasok. Dari puncak Ulu Kasok wisatawan dapat melihat hamparan beberapa gugusan pulau yang terletak di tengah bendungan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang dengan air yang masih hijau dan Hutan yang lebat.

Baca juga:  Mengagumi Keindahan Al-Qur'an Raksasa di Museum Al-Qur’an Al-Akbar

Rasanya masyarakat Riau tak perlu menghabiskan banyak biaya besar untuk ke Raja Ampat di Papua, wisatawan bisa menjumpainya Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Cukup dengan bermodalkan Rp5.000 sebagai uang parkir, dan Rp10.000 untuk uang masuk per orang, wisatawan sudah bisa menikmati indahnya pulau-pulau dengan pemandangan hutang hijau yang asri dan Danau PLTA Kota Panjang dari Puncak Ulu Kasok. Namun harus menyediakan stamina ekstra untuk mendaki dan butuh waktu 15 menit untuk  sampai ke puncak Ulu Kasok dengan jarak 500 meter.

Selain wisata Puncak Ulu Kasok, wisatawan juga bisa diantarkan ke air terjun Gulamo dan air terjun Tambang Murai. Untuk dapat sampai ke air terjun Gulamo, wisatawan dapat menaiki speed boat dalam waktu 2 jam untuk sampai ketujuan. Akan tetapi, air terjun Tambang Murai hanya menghabiskan waktu setengah jam dari pulau dengan menggunakan speed boat; air terjun ini tingginya 27 meter. Tak kalah serunya, wisatawan juga dapat mengelilingi beberapa pulau seperti pulau Qeis, Pulau Trend Camp, dan Pulau Fada England  menggunakan speed boat dengan biaya Rp15.000.

Baca juga:  Batu Lapis dan Pantai Sialang Buah, Keindahan Tersembunyi di Lampung Selatan

Dari kota Pekanbaru jarak tempuh ke Ulu Kasok hanya satu setengah jam melalui jalan Pekanbaru-Bangkinang hingga jalan Lintas Pekanbaru- Payakumbuh, Sumatera Barat. Rasanya tidak jauh untuk para pecinta travelling. Demikian informasi tentang objek wisata Ulu Kasok, tempat wisata masih tergolong baru. Ayo berkunjung ke Kabupaten Kampar. (Eti Sutarti, Kandidat Juara Kategori Favorit LMADWI 2108)

***

You may also like
Kambang Iwak Tampil Lebih Hijau, Cantik dan Indah
Galeri Bursa Efek Indonesia
Belajar tentang Pasar Modal di Galeri Bursa Efek Indonesia
Menjelajahi Fasilitas Olahraga Kelas Dunia di Jakabaring Sport City
Pempek, Makanan Favorit Wong Kito

Leave a Reply