Home > Destinasi > Wisata Religi di Masjid BaitusShobur Tulang Bawang Barat

Wisata Religi di Masjid BaitusShobur Tulang Bawang Barat

Masjid BaitusShobur yang terletak di Kabupaten Tulang Bawang Barat (TuBaBa) merupakan pilihan wisata liburan saya kali ini. Wisata religi ini sangat cocok bagi yang ingin mencari ketenangan jiwa, menuntaskan dahaga spiritual serta dapat menambah wawasan tentang nilai-nilai spiritual. Masjid ini pun menjadi sarana penghubung tali silaturrahim.

Saat tiba di Masjid BaitusShobur TuBaBa, saya sangat kagum melihat desain bangunan yang mengisyaratkan makna dari setiap lekuk bangunannya. Berbeda dengan masjid-masjid seperti biasanya yang memiliki kubah bundar, namun Masjid BaitusShobur ini memiliki kubah berbentuk segilima layaknya melambangkan sholat 5 waktu yang membuat masjid ini unik dan bermakna.

Sebelum memasuki pintu Masjid BaitusShobur, saya melihat rak yang telah disediakan untuk meletakan alas kaki, hal yang menurut saya simple namun itulah makna tegas dari aturan sebuah tempat ibadah yang sangat mengutamakan kebersihan dan memberikan batas tempat yang suci. Di pekarangan Masjid BaitusShobur juga terdapat lorong yang berdiri tiang-tiang dihiasi dengan tulisan kaligrafi nama-nama surah dalam Al-Qur’an yang dapat menambah wawasan tentang nilai-nilai spiritual. Saat melewati lorong, saya langsung menemukan tempat wudhu yang terpisah antara laki-laki (ihwan) dan perempuan (ahwat). Tempat wudhunya bersih dan menyediakan keran air yang cukup banyak. Setelah berwudhu, saya melangkahkan kaki ke dalam Masjid.

Baca juga:  Mahameru, The Great Mountain

Bagian dalam Masjid BaitusShobur lantainya berbahan kayu yang memberikan kesan klasik dan elegan. Saya merasa tenang berada di dalamnya. Saya menatap ke arah luar. Nampak sebuah danau buatan dengan air yang begitu tenang seakan mengisyaratkan adanya kedamaian berada di sekelilingnya. Kemudian tatapan saya beralih ke langit – langit Masjid BaitusShobur. Nampak ukiran-ukiran Asmaul Husna yang merupakan karya seni yang sangat inovatif. Saya melangkah ketengah-tengah Masjid terlihat pancaran cahaya matahari masuk melalui 99 lubang kecil dengan bentuk yang sangat unik menambah pesona keindahan ruang dalam Masjid BaitusShobur. Di bawah, 99 cahaya Asmaul Husna menyinari bagian dalam Masjid menambah rasa nyaman, tenang dan khusuk dalam beribadah di sana. Kemudian sapaan hangat dari pengunjung yang lain menambah suasana semakin religius seakan berada di kota santri.

Setelah melaksanakan sholat, saya berjalan ke arah belakang Masjid. Nampak danau yang seakan mengelilingi masjid, rerumputan hijau dan pepohonan yang sangat rapi menjadikan lingkungan sekitar masjid terkesan asri dan indah, sangat cocok untuk spot foto-foto.

Baca juga:  Pesona Alam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Ayo berwisata religi ke Masjid BaitusShobur yang berlokasi di Tulang Bawang Barat. Masjid yang menjadi Islamic Center di Tulang Bawang Barat dengan desain bangunan yang unik dan penuh makna. Liburan asik, wisata non komersial, wisata religi penuh dengan nilai-nilai keislaman. (Fitri Kholifah,  Kandidat Juara Kategori Favorit LMADWI 2108)

***

You may also like
Menjelajahi Fasilitas Olahraga Kelas Dunia di Jakabaring Sport City
Pempek, Makanan Favorit Wong Kito
Kambang Iwak tampil lebih cantik, indah dan mempesona
Pesona dan Keindahan Rumah Sesat Agung Bumi Gayo

Leave a Reply