Home > Jawa Tengah > Segarnya Kuah Soto Ayam Pak Man yang Hangat dan Gurih

Segarnya Kuah Soto Ayam Pak Man yang Hangat dan Gurih

Soto Pak Man

Dikenal dengan julukan Kota Lumpia, Semarang punya segudang kuliner yang menggugah selera. Salah satu kuliner legendaris khas Kota Semarang ialah Soto Ayam Pak Man.

Soto segar memang menjadi salah satu kuliner wajib jika kamu singgah di Semarang. Karena itu, jika berkunjung ke Semarang, pastikan menyempatkan diri singgah ke kedai soto yang terkenal ini.

Kelezatan soto ayam bikinan Pak Man kini sudah menjadi menu sarapan pagi bagi para wisatawan. Bahkan, kalangan artis ibu kota dan para pejabat di negeri ini kerap mampir untuk mencicipi soto ayam buatan Pak Man ini.

Soto Pak Man

Foto: liburasik.com

Salah satu orang penting yang sudah mencicipi kelezatan soto ayam tersebut ialah Presiden Joko Widodo. Orang nomor satu di Nusantara itu sengaja singgah saat mengawali kegiatan di Kota Semarang beberapa waktu lalu.

Segarnya kuah soto ayam Pak Man yang hangat dan gurih saat disantap, bikin kamu ketagihan begitu pertama kali mencobanya. Memang, soto ayam itu sudah terkenal akan ciri khasnya, berupa kuah bening dengan berbagai cita rasa dan rempah-rempah.

Baca juga:  Gurihnya Gulai Kepala Ikan Pak Untung

Kesegaran soto ayam hasil racikan Pak Man itu sudah dikenal sejak tahun 1978. Bahkan  tempat kuliner ini telah melegenda di Semarang dan tidak pernah berubah hingga kini. Harganya pun terbilang murah untuk semangkok soto  campur berisi nasi putih, bihun, suwiran daging ayam, daun bawang, bawang goreng, perkedel, irisan tomat, yang disiram dengan kuah kaldu ayam panas yang sedap.

Sebagai pendamping semangkok soto segar, kamu bisa memilih beragam aneka lauk lainnya yang  tidak kalah lezatnya. Seperti sate telur puyuh, tempe goreng, tahu bakso, tahu goreng, kerupuk dan lainnya. Cukup lengkapkan?

Soto Pak Man

Foto: liburasik.com

Lantas, di mana sobat liburasik.com bisa menemukan warung Soto Ayam Pak Man? Tempatnya tidak jauh dari pusat kota. Kamu bisa dengan mudah  menemukannya. Tepatnya, di Jalan Pamularsih Raya No.32, Salamanmloyo, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Saat  menjajal kelezatan soto ini, liburasik.com terkesan dengan cara penyajian panganan yang cukup menarik. Sebelum dihidangkan, pramusaji terlebih dahulu menyiapkan beberapa porsi soto ayam  dalam banyak mangkuk. Mangkuk-mangkuk yang telah terisi bahan  soto tersebut kemudian diletakkan berjejer di samping panci besar berisi kuah soto panas.

Baca juga:  Nasi Pecel Mbok Sador, Cita Rasa Kuliner Khas Semarang yang Bikin Nagih

Nah, begitu pengunjung datang, pramusaji tinggal menyiram mangkuk-mangkuk tadi dengan kuah, dan siap mengantar soto tersebut ke meja pelanggan. Dengan begitu, kamu tak perlu menunggu atau mengantre lama, deh.

Menurut Nuha, salah satu karyawan di Soto Ayam Pak Man, warung soto itu memiliki sejumlah cabang di Kota Semarang. “Di antaranya di Jalan Purwosari Raya, Jalan Tlogosari Raya, Jalan Pamularsih Raya, Jalan Veteran dan Jalan Perintis Kemerdekaan,” kata dia saat ditemui liburasik.com.

Namun, berbeda seperti hari biasanya, jumlah pengunjung selama masa pandemi covid-19 menurun drastis. “ Tapi dalam 2 bulan terakhir, alhamdullilah sudah mulai naik lagi dan sudah hampir 80%,” urainya

Soto Pak Man

Foto: liburasik.com

Bagi sobat liburasik yang ingin menikmati soto ayam Pak Man, kamu bakal mendapatkan pengalaman kuliner yang luar biasa dengan hanya membayar Rp16.000 per mangkuk. Dijamin kenyang deh!

Sebagai informasi, warung soto ini siap melayani pembeli setiap hari mulai pukul 06.30  WIB sampai pukul 19.30 WIB. Namun, selama pandemi jam operasional dikurangi, yaitu menjadi pukul 07.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB.

Baca juga:  Roti Ketawa, Oleh-oleh Khas Pematangsiantar

Kamu tak perlu bingung lagi deh memilih kuliner di mana saat kamu berkunjung ke Semarang. Soto ayam Pak Man ini wajib kamu cicipi, terutama bagi penggemar kuliner soto. So, tunggu apa lagi? Jangan sampai terlewatkan ya! (Ans/L2)

You may also like
Gulai Kepala Ikan
Gurihnya Gulai Kepala Ikan Pak Untung
Bandeng Juwana Elrina, Oleh-Oleh Khas Semarang yang Wajib Dibawa Pulang
Nasi Kucing Pak Gik
Nasi Kucing Pak Gik, Angkringan Legendaris di Kota Semarang
Mbok Sador
Nasi Pecel Mbok Sador, Cita Rasa Kuliner Khas Semarang yang Bikin Nagih

Leave a Reply