Home > Kuliner > Sedap nan Kenyal Penganan Khas Kota Palembang

Sedap nan Kenyal Penganan Khas Kota Palembang

Pempek Nony

Kuliner atau penganan khas Palembang memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke kota tersebut. Salah satu kuliner khas Palembang yang banyak diminati masyarakat setempat ataupun luar kota ini, yaitu pempek. Tak mengherankan jika kota yang dibelah Sungai Musi itu dijuluki sebagai ‘Kota Pempek’.

Penganan yang satu ini bukan hanya ada di Kota Palembang, melainkan juga hampir di semua daerah di Sumatera Selatan memproduksinya. Di Kota Palembang, pempek bisa ditemukan dengan mudah.

Salah satu toko yang menjual penganan khas kota tersebut, yaitu Pempek Nony 168. Karena letaknya yang strategis, membuat toko pempek ini ramai dikunjungi. Sobat liburasik bisa menemui toko tersebut di Jl Jend Sudirman No 952, 20 Ilir D III, Kec Ilir Tim I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Beberapa waktu lalu, tim liburasik.com mendatangi toko Pempek Nony 168 untuk menyantap sedap nan kenyal pempek khas Kota Palembang yang banyak dinikmati wisatawan.

Pempek Nony

Foto: liburasik.com

Toko Pempek Nony 168 menjual beragam pempek, mulai pempek kecil, kapal selam, model, tekwan, sampai lenjer.

Baca juga:  Mengenal Lebih Dekat Rumah Adat Palembang

Begitu memasuki toko Pempek Nony 168, liburasik.com disuguhi dengan aroma khas ikan tenggiri dari pempek tersebut. Tak tanggung-tanggung, liburasik.com pun memesan semua jenis pempek yang akan disantap. Sebelum penganan itu disantap, terlebih dahulu digoreng agar lebih gurih dan nikmat.

Tak sampai 5 menit, pesanan sudah terhidang di meja. Sepiring berisi bermacam pempek, yakni kapal selam, lenjer, dan lenggang. Juga disajikan saus berwarna hitam kecokelatan yang disebut cuka.

Tanpa berlama-lama, liburasik.com pun langsung mencampurkan cuka ke dalam piring yang berisi pempek tersebut, kemudian bergegas mencicipinya.

Ketika kali pertama liburasik.com mencicipi pempek tersebut, rasa kenyal dan gurih begitu terasa di lidah. Aroma khas ikan tenggiri dari pempek ini begitu haru dan nikmat. Saat menyantap campuran pempek yang berisi saus cuka dengan potongan timun kecil, seakan menambah sedapnya rasa sehingga bikin kamu ketagihan, loh.

Pempek palembang yang paling terkenal di toko Pempek Nony 168 adalah kapal selam. Pempek yang berisi telur ini termasuk yang berukuran besar bersama lenjer dan lenggang. Tak mengherankan jika para penikmat pempek tak pernah bosan menyantap makanan kenyal tersebut.

Pempek Nony

Foto: liburasik.com

Harga yang ditawarkan pun terjangkau. Untuk harganya, dimulai dari Rp4 ribu–Rp40 ribu. Pempek berukuran kecil dibanderol Rp4 ribu, kapal selam Rp20 ribu, tekwan Rp20 ribu, model Rp20 ribu, dan lenjer Rp40 ribu.

Baca juga:  Bakmi Mbah Gito, Kuliner Populer di Yogyakarta dengan Nuansa Jawa

Selain satuan, Pempek Nony 168 juga menjual pempek yang telah dipaket, dari paket kecil yang dibanderol Rp105 ribu hingga besar seharga Rp405 ribu. Kamu tidak perlu khawatir membawa oleh-oleh khas Palembang ini karena bisa bertahan hingga 3 hari.

Sebagai informasi, Pempek Nony 168 buka setiap hari, mulai pukul 06.30 WIB-21.30 WIB.

Bagi kamu yang berkunjung ke Kota Palembang, jangan lupa mampir dan mencicipi Pempek Nony 168 ini, ya! Btw silahkan simak juga videonya.(Ans/L1)

Leave a Reply