Rendang, Nikmatnya Rempah yang Meresap dalam Sepotong Daging

Rendang dengan bumbu istimewa (Foto: Ellyana/LiburAsik.com)

Rendang, hidangan asli Indonesia yang satu ini sudah sangat terkenal di seluruh pelosok negeri. Dimana ada rumah makan Padang, di situ pasti ada rendang. Bahkan rumah makan ataupun warung yang tidak berlabel “Padang”-pun, hidangan ini sering ditemukan.

Di dalam kehidupan berumah tangga, rendang merupakan hidangan istimewa. Bagaimana tidak, rasanya sangat lezat, proses pengolahannya butuh waktu plus  kesabaran. Selain itu, harga bahan utamanya pun sering kali bikin kantong para ibu menjerit. Ya, harga daging dan cabai benar-benar membuat rendang menjadi istimewa. Tapi demi keluarga tercinta, sekali-kali rendang ditampilkan diatas meja makan. J

Selain daging dan cabai, santan juga menjadi salah satu bahan yang dominan. Tentunya tidak ketinggalan bumbu rempah-rempahnya. Kombinasi bahan dan bumbu tersebut membuat aroma rendang menjadi harum. Rasanya….? Tentunya pedas (sesuai selera) danbumbunya meresap sampai ke dalam daging.



Proses memasak rendang cukup lama. Rendang dimasak dengan cara  dipanaskan berulang-ulang hingga kering dan berwarna gelap. Kadangkala ada juga  yang tidak sampai kering. Rendang yang masih agak basah disebut kalio.

Lamanya proses membuat rendang mempunyai pengaruh terhadap daya tahannya. Hal ini disebabkan karena pada saat dipanaskan bumbu rempah tersebut memproduksi zat alami yang dapat membuatnya  awet. Semakin lama proses memasak maka semakin lama pula rendang dapat disimpan (tentunya jika belum dihabiskan.. J). Kalio hanya  bertahan beberapa hari saja, sedangkan rendang yang dimasak perlahan-lahan dengan api kecil dalam waktu berjam-jam hingga kering, bertahan hingga hampir 1 bulan.

Wuihh..jadi ngiler… (Ellyana)

***



One Reply to “Rendang, Nikmatnya Rempah yang Meresap dalam Sepotong Daging”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *