Home > Destinasi > Pesona dan Keindahan Rumah Sesat Agung Bumi Gayo

Liburan akhir pekan kali ini saya memilih untuk berkunjung ke Rumah Sesat Agung Bumi Gayo Tulang Bawang Barat, hemat tidak mengeluarkan biaya karena tidak dipungut tiket masuk (gratis) serta mendapat tambahan wawasan tentang budaya Lampung. Sangat cocok untuk para pelajar karena tidak perlu biaya besar tapi bisa refreshing, berfoto dengan teman-teman dan menambah wawasan tentang budaya lokal. Letak Rumah Sesat Agung Bumi Gayo Tulang Bawang Barat adalah di kelurahan Panaragan Jaya, kecamatan Tulang Bawang Tengah, kabupaten Tulang Bawang Barat.

Saat memasuki lokasi menuju Rumah Sesat Agung Bumi Gayo, saya sangat terpesona melihat pekarangannya. Di sana terdapat kolam, taman dan tanaman bonsai dengan berbagai bentuk yang unik nan indah yang dapat memanjakan mata setiap pengunjung yang datang. Tempat ini benar-benar sangat cocok untuk spot foto-foto.

Setelah itu, saya memasuki Rumah Sesat Agung Bumi Gayo. Saat itu, saya harus melewati jembatan.  Pada saat berjalan di atasnya saya merasa bahwa kolam itu seakan-akan membelah. Di kolam tersebut, saya bisa berbagai jenis ikan yang  dari yang kecil sampai besar.

Baca juga:  Mengagumi Keindahan Al-Qur'an Raksasa di Museum Al-Qur’an Al-Akbar

Rumah Sesat Agung Bumi Gayo atau rumah panggung dua lantai ini berbahan kayu yang memberi kesan kesederhanaan. Di lantai bawah Rumah Sesat Agung Bumi Gayo terdapat ruang pemangku adat, ruang para tamu dan kamar mandi. Untuk naik ke lantai dua, saya harus menapaki anak tangga yang cukup banyak, di lantai dua ini adalah tempat para pemangku adat untuk bermusyawarah. Setelah itu,  pandangan saya terpaku pada langit-langit atap Rumah Sesat Agung Bumi Gayo. Di sana terdapat ukiran tulisan sebelas nama desa tua di Tulang Bawang Barat dalam huruf kaganga (aksara Lampung). Ukiran tersebut memiliki nilai seni yang tinggi yang membuat bangunan Rumah Sesat Agung Bumi Gayo menjadi unik dan istimewa.

Setelah itu, saya menuju ke halaman belakang Rumah Sesat Agung Bumi Gayo. Di sana terdapat jembatan yang cukup besar. Lalu, pada saat saya melewati jembatan tersebut, saya bisa melihat dan merasakan keindahan di sekitar Rumah Sesat Agung Bumi Gayo. Terdapat kolam yang cukup luas, tanaman-tanaman bonsai dan taman yang menakjubkan. Saya merasa seakan berada di kerajaan putri dongeng pada zaman dahulu.

Baca juga:  Destinasi Wisata Gunung Kota Padang

Lanjut, saya turun ke belakang Rumah Sesat Agung Bumi Gayo. Di sana juga terdapat taman-taman yang dibuat agak sedikit berbeda dari biasanya, yaitu taman-taman yang ditumbuhi rumput-rumput hijau yang dibuat berbukit-bukit yang memberi kesan keasrian dan kesejukan. Spot ini cocok untuk duduk-duduk bersantai serta berfoto.

Penasaran dengan pesona dan keindahan Rumah Sesat Agung Bumi Gayo Tulang Bawang Barat? Ayo berkunjung ke Tulang Bawang Barat dan nikmati destinasi wisata non komersial, wisata asik, hemat dan dapat menambah wawasan kebudayaan lokal. (Siti Zahra Nurjannah , Kandidat Juara Kategori Favorit LMADWI 2108)

***

You may also like
Menjelajahi Fasilitas Olahraga Kelas Dunia di Jakabaring Sport City
Pempek, Makanan Favorit Wong Kito
Kambang Iwak tampil lebih cantik, indah dan mempesona
Wisata Religi di Masjid BaitusShobur Tulang Bawang Barat

Leave a Reply