Home > Destinasi > Pesona Curug Sawer di Kota Wajit, Cililin

Curug Sawer terletak di Desa Karang Tanjung Cililin, Bandung Barat. Mungkin tidak begitu familiar bagi Anda yang tinggal di kota Bandung atau mungkin di luar kota. Sebab letaknya cukup terpelosok di desa. Jika Anda merupakan sobat Traveler yang gemar menikmati eksotisnya air terjun, well, tempat ini bakal recommended banget untuk Anda!

Lalu, bagaimana akses menuju kesana? Apa saja fasilitasnya? Berapa harga tiketnya? Tenang, tenang. Semua itu akan saya tulis secara rinci berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Curug Sawer memiliki keeksotisan dan keromantisan tersendiri bagi saya. Pesonanya, tak kalah dengan beberapa curug lain yang lebih terkenal. Sebut saja: Curug Cimahi, Curug Bugbrug, Curug Malela, Curug Pelangi, dll. Bagaimana? Anda makin penasaran?

Lokasi Curug Sawer mudah diakses dari pusat keramaian Cililin, yang selama ini daerah Cililin terkenal sebagai penghasil makanan Sunda, Wajit. Anda hanya perlu lebih berhati-hati sebab di sepanjang jalan, banyak ditemukan jalanan yang berlubang. Tidak harus menggunakan motor untuk sampai kesana, Anda juga bisa menggunakan mobil karena tersedia parkiran khusus mobil. Namun jalannya yang sempit hanya bisa menampung satu mobil dari satu arah saja.

Baca juga:  Keindahan Alam Pulau Jinato di Taman Nasional Taka Bonerate

Saya kemari bersama ke 6 orang kawan saya. Tak ada satu pun dari kami yang lebih dulu mengetahui tempat ini. Kami hanya mengandalkan GPS dan GPS Manual alias tanya-tanya orang sekitar. Sebelum masuk ke area Curug, Anda akan melewati SMAN 1 Cililin. SMA ini bisa menjadi patokan Anda jika berkunjung ke sana. Fyi, area Curug sawer ini seluas 8 Hektar dan berada di ketinggian 1700 mdpl.

Curug Sawer mempunyai fasilitas juga tentunya. Memang tidak mewah, tapi cukup. Beberapa fasilitasnya adalah: beberapa warung untuk sekedar makan dan minum, toilet, mushalla, dan Tempat Parkir. Jangan khawatir bila membeli makanan disini. Sebab harga yang disuguhkan masih relatif wajar dan standar. Tentu saja tidak akan membuat kantong Anda bengkak!

Dan, saat Anda berjalan menuju titik lokasi dimana curugnya berada, Anda akan disuguhi dengan pemandangan Hutan Pinus yang membuat Anda seolah sedang berada di Cikole, Lembang! Dari tempat kendaraan diparkir, Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dengan berjalan kaki untuk sampai di curug sawer.

Baca juga:  Pesona dan Keindahan Rumah Sesat Agung Bumi Gayo

Pengalaman saya, yang berkunjung bulan April 2018, tiket disini memang sudah naik. Mungkin, karena tempat ini menjadi lebih sering dikunjungi. Semula, Harga tiketnya adalah Rp2.500 per orang. Sekarang, tiketnya menjadi Rp10.000,00 per orang dan Rp17.500,00 per motor. Masih cukup murah dan wajar, menurut saya.

Curug Sawer Buka setiap hari, Senin hingga Minggu dan Juga buka saat hari libur. Dari pukul 08.00 pagi sampai 17.00 sore.

Bagaimana? Menarik bukan? Disamping harga tiket masuknya yang murah, tempat ini cocok dijadikan sarana refreshing, berkumpul bersama teman atau sekedar family trip. Jadi, Jangan ragu datang kemari dan nikmatilah salah satu surga bumi pertiwi ini! (Adzra Zakiya Rana, Kandidat Juara Kategori Favorit LMADWI 2108)

***

You may also like
Menjelajahi Fasilitas Olahraga Kelas Dunia di Jakabaring Sport City
Pempek, Makanan Favorit Wong Kito
Kambang Iwak tampil lebih cantik, indah dan mempesona
Pesona dan Keindahan Rumah Sesat Agung Bumi Gayo

1 Response

  1. Pingback : Curug Sawer Bandung Barat, Keindahan Air Terjun Di Cililin - My Blog

Leave a Reply