Home > Jawa Timur > Nikmati Sensasi Menyantap Lontong Kupang, Kuliner Khas Jawa Timur

Nikmati Sensasi Menyantap Lontong Kupang, Kuliner Khas Jawa Timur

Lontong Kupang

Sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur, Jember memiliki aneka tempat wisata kuliner yang tentunya sayang dilewatkan jika kamu berkunjung ke tempat ini. Salah satu kuliner khas Jember bercita rasa lezat yang paling digemari wisatawan ialah lontong kupang.

Kupang merupakan jenis hewan laut semacam kerang kecil yang memiliki bentuk seperti biji kedelai. Hewan itu biasa ditemukan di perairan atau pinggir pantai.

Makanan berbahan dasar kupang ini diolah menjadi menu makanan lezat yang disajikan dengan lontong, lalu dipadukan potongan cabai, bawang putih, dan garam. Uniknya, kuliner khas Jember ini disajikan dengan bumbu petis seperti bumbu rujak. Hal tersebut membuat penikmat kuliner penasaran untuk mencicipinya.

Lontong Kupang

Foto: liburasik.com

Umumnya, kuliner khas satu ini merupakan makanan tradisional yang sangat terkenal di Jawa Timur, terutama di Sidoarjo. Namun, lontong kupang ini dapat dengan mudah ditemui di daerah Jember.

Dari sekian banyak penjual lontong kupang di Jember, liburasik.com menemukan salah satunya di pinggir jalan, yaitu Samudra Gurih Kupang Segar dan Sate Kerang cabang alun-alun BRI. Karena letaknya yang strategis, berada di pinggir jalan, Sobat Liburasik dapat menemui warung makan ini di Jln Pagah, Jemberlor, Kec Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Baca juga:  Amaris Hotel Darmo, Pilihan Hotel Bersih dan Nyaman di Surabaya

Sesampainya di warung makan pinggir jalan tersebut, liburasik.com memesan menu lontong kupang sambil melihat proses penyajiannya.

Sebelum disajikan, kupang yang sudah dimasak di dalam panci ini dipanaskan kembali agar semakin nikmat ketika disantap. Sambil dipanaskan, sang penjual mengulek bumbu utama yang berisi potongan cabai, garam, dan bawang putih, serta tak lupa dicampur bumbu petis.

Setelah diulek secara merata, bumbu dimasukkan ke piring, lalu disiram dengan kuah kaldu yang berisi kupang tersebut. Ohh iya, bagi kamu pencinta pedas, juga bisa menambah beberapa potongan cabai agar lebih nikmat, tergantung selera kamu, ya! Setelah itu, lontong kupang siap disajikan bersamaan dengan sate kerang.

Tak perlu menunggu lama, pesanan pun sudah terhidang di atas meja. Ketika liburasik.com mencicipi suapan pertama, sensasi rasa manis dan sedikit asam pada kuah yang dicampurkan lontong dan kupang begitu lembut di lidah. Semakin  nikmat liburasik.com menyantapnya. Saat suapan kedua, mulai terasa pedas di lidah karena campuran cabai rawit. Karena itu, pasti membuat ketagihan. Perpaduan bumbu dan kuah petis menghasilkan kombinasi rasa yang nikmat dan khas.

Baca juga:  Pempek, Makanan Favorit Wong Kito

Untuk memesannya, kamu tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Pasalnya, untuk satu porsi lontong kupang, dibanderol Rp13 ribu.

Tertarik dan penasaran ingin mencoba seperti apa rasanya? Jangan lupa mampir ke warung makan Samudra Gurih Kupang Segar dan Sate Kerang cabang alun-alun BRI ini, ya! (Ans/L1)

You may also like
Pantai Papuma, Pesona Tersembunyi di Jember, Jawa Timur

Leave a Reply