Home > Destinasi > Mengenal Lebih Dekat Rumah Adat Palembang

Mengenal Lebih Dekat Rumah Adat Palembang

Rumah Limas

Berlibur ke Kota Palembang, tak ada salahnya jika kamu singgah untuk mengenal lebih dekat rumah adat khas Palembang.

Rumah Limas merupakan rumah adat khas Provinsi Sumatera Selatan. Bangunan adat yang terbuat dari kayu ini bergaya rumah panggung dengan atap berbentuk limas sehingga dinamakan Rumah Limas.

Sebagai informasi, Rumah Limas ini dibangun pada 1990 dan rampung pada 1991 oleh Kemas H. Abdul Aziz Hamid sebagai pemilik Rumas Limas tersebut.

Hampir seluruh bangunan dari Rumah Limas terbuat dari bahan dasar kayu, dari bahan material dalam membuat dinding, lantai, hingga pintu yang menggunakan kayu unglen atau kayu besi dan kayu tembesu. Sementara itu, untuk tiang rumah, menggunakan kayu tembesu serta campuran semen sehingga tahan air dan sangat kokoh.

Rumah Limas

Foto: liburasik.com

Karena letaknya yang berada di pusat kota dan tak sulit untuk ditemui, menjadikan tempat wisata adat Rumah Limas Palembang ini menarik untuk dikunjungi wisatawan. Sobat liburasik dapat mengunjunginya di Jl Demang Lebar Daun No 51, Palembang.

Baca juga:  Batu Lapis dan Pantai Sialang Buah, Keindahan Tersembunyi di Lampung Selatan

Beberapa waktu lalu, liburasik.com berkunjung ke Rumah Limas H. Abdul Aziz Palembang. Begitu pertama memasuki area Rumah Limas, liburasik.com disuguhi dengan ornamen-ornamen yang terbuat dari kayu pada berbagai sisi bangunan. Hiasan dan ukiran yang menghiasi setiap sudut Rumah Limas semakin memberikan nuansa tradisional ketika berada di dalamnya.

Meski hampir seluruh bangunan tersebut didominasi interior kayu, tidak menjadikan ruangan ini pengap. Sobat liburasik justru akan merasakan udara sejuk karena dilengkapi dengan pendingin ruangan sehingga semakin betah berlama-lama menjelajah seisi ruangan Rumah Limas tersebut. Sambil menjelajah, kamu juga bisa loh berfoto ataupun berswafoto pada beberapa spot yang bisa menambah koleksi foto kamu.

Ornamen-ornamen ukiran yang mendasari pembangunan Rumah Limas memberikan nilai budaya adat yang sangat kental.

Rumah Limas ini terdiri atas 3 tingkatan yang disebut kijing. Ketiga tingkatan tersebut menjadi simbol jenjang kehidupan bermasyarakat, yaitu usia, jenis, bakat, pangkat, dan martabat. Tingkatan tersebut menandakan garis keturunan atau kedudukan seseorang, yaitu Kiagus, Kemas, dan Masagus. Kemudian, yang pertama diperuntukkan bagi golongan tinggi, yaitu kaum Raden.

Rumah Limas

Foto: liburasik.com

Adapun fasilitas lain yang tersedia di lantai 2 Rumah Limas ini, yaitu ruang tamu, kursi dan lemari yang terbuat dari kayu jati dan kayu tembesu, serta hiasan guci-guci antik. Tak hanya itu, karena bangunan Rumah Limas sangat luas, pada momen-momen tertentu rumah adat Palembang ini dijadikan sebagai tempat pelaksanaan wisuda perguruan tinggi.

Baca juga:  Sedap nan Kenyal Penganan Khas Kota Palembang

Rumah Limas sampai saat ini tetap konsisten menjadi tempat wisata dengan melestarikan budaya khas Palembang. Kini, tempat wisata Rumah Limas dapat dinikmati seluruh masyarakat yang berada di dalam ataupun luar Kota Palembang. Tempat wisata ini pun bertujuan mengenalkan dan melestarikan budaya-budaya Palembang yang tidak kalah antik dan menarik untuk dikunjungi.

Untuk memasuki kawasan tempat wisata Rumah Limas Palembang, sobat liburasik hanya perlu merogoh kocek Rp10 ribu. Dengan harga yang sangat terjangkau, sobat liburasik sudah bisa mengenal lebih dekat dan menjelajah seisi ruangan yang ada di rumah adat Palembang tersebut.

Nah, tertarik sekali, bukan? Bagi kamu yang berkunjung ke Sumatera Selatan, khususnya Palembang, jangan lupa singgah ke tempat wisata bersejarah ini, ya! Oh iya, sebelum berangkat simak dulu videonya di Liburasik Channel.(Ans/L1)

You may also like
Pesona dan Keindahan Rumah Sesat Agung Bumi Gayo

Leave a Reply