Home > Jawa Timur > Menaklukkan Rajungan Super Pedas Khas Tuban

Menaklukkan Rajungan Super Pedas Khas Tuban

Berlibur ke Kota Tuban, Jawa Timur rasanya tidak lengkap jika kamu belum mencicipi lezatnya kuliner khas kota itu yang mampu menggugah selera. Apakah menu kuliner yang spesial di sana? Bagi sobat liburasik yang belum mengetahuinya, Kota Tuban terkenal akan masakan rajungan yang super pedas.

Liburasik.com belum lama ini diundang oleh rekan bertandang ke Kota Tuban khusus untuk menaklukkan seporsi rajungan super pedas. Wow.. sangat menantang bukan?

Bagi sobat liburasik penggemar rajungan, kamu kudu mengagendakan liburan kamu berkunjung ke kota yang satu ini untuk menjajal rajungan super pedas yang rasanya lezat dan bisa bikin ketagihan. Sebagai informasi, kota yang dijuluki ‘Bumi Wali’ ini terletak di pesisir utara Jawa Timur.

Salah satu rumah makan yang menyajikan menu khas rajungan super pedas di ‘Bumi Wali’ ini ialah Rumah Makan Manunggal Jaya. Sobat liburasik, rumah makan ini sudah terkenal di seantero Kota Tuban.

Menu Rajungan

Foto: liburasik.com

Karena itu, tak heran rumah makan ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Berlokasi di Jalan Manunggal yang juga menjadi akses jalur pantai utara (pantura) Pulau Jawa, rumah makan yang berdiri pada tahun 1985 ini mempunyai menu andalan, yaitu kare rajungan pedas. Selain itu, tersedia juga menu lain yang tak kalah lezatnya, seperti cumi dan sate kambing muda.

Baca juga:  Berwisata ke Kota Ledre

Khusus untuk kunjungan kali ini, liburasik.com akan menjajal dan menaklukkan seporsi rajungan super pedas. Nah, menurut penuturan karyawan Rumah Makan Manunggal Jaya, untuk membuat olahan rajungan dengan rasa pedas yang nendang, pemilik mencampurkan lebih banyak cabai merah dan rawit ketimbang bumbu rempah lainnya.

Saat jam makan siang, liburasik.com telah berada di lokasi dan bersiap menjalankan misi untuk menjawab tantangan tersebut. Tak sampai lima menit, pesanan sudah terhidang di meja. Seporsi berisi tiga ekor rajungan ukuran sedang, masih mengebul dan aroma kuahnya sangat menggugah selera. Aksi untuk menaklukkan seporsi rajungan super pedas pun dimulai.

Pertama kali, liburasik.com menyeruput sesendok kuah kare rajungan berwarna kekuningan. Astaga.. begitu menyentuh ujung lidah, rasa pedas langsung menjalar ke seluruh lidah dan mulut terasa seperti terbakar. Tapi, sobat liburasik tidak perlu khawatir. Kuah karenya sangat enak, apalagi disantap bersama daging rajungan yang segar dan lezat. Inilah yang membuat panganan itu terasa nikmat tiada bandingnya.

Rasa pedas yang menyengat bercampur manisnya daging rajungan membikin kamu ketagihan dan ingin terus menyantapnya meski keringat telah bercucuran. Wow.. seru bukan? Karena tekad telah bulat untuk menaklukkan seporsi rajungan super pedas, liburasik.com dengan semangat kembali menyantap hidangan itu.

Baca juga:  Rendang, Nikmatnya Rempah yang Meresap dalam Sepotong Daging

Bukan main, sensasi pedasnya kini terasa lebih tajam sampai ke ubun-ubun hingga peluh bercucuran membasahi seluruh wajah. Untuk menghabiskan dua dari tiga ekor rajungan yang terhidang, liburasik.com membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Haha.. lumayan lama memang. Itu karena liburasik.com harus berjuang menaklukkan super pedasnya kuah kare rajungan.

Menu Rajungan

Foto: liburasik.com

Namun, seperti kata pepatah ‘ingin hati memeluk gunung, apa daya tangan tak sampai’, liburasik.com akhirnya menyerah. Meski telah berusaha keras, liburasik.com hanya mampu melumat dua dari tiga ekor rajungan yang tersedia. Seekor rajungan lainnya yang masih teronggok di dalam piring, terpaksa dialihkan ke rekan lain.

Tapi, perjuangan menaklukkan rasa pedas belum reda walaupun telah berhenti menyantap hidangan itu. Akibat rasa pedas menyengat yang masih melekat, sampai-sampai liburasik.com harus menambah minuman dingin beberapa kali. Dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk benar-benar menghilangkan rasa pedas tersebut.

Sebagai saran untuk kamu yang ingin menjajal hidangan super pedas ini, berhati-hati saat membuka cangkang rajungan yang tipis. Jika tidak teliti, pecahan cangkang yang tipis dan tajam bisa menggores jari kamu dan akan menimbulkan rasa panas karena terkena kuah kare super pedas. Begitu pula setelah selesai bersantap, segera membasuh kedua telapak tangan kamu dengan sabun di wastafel yang tersedia.

Baca juga:  Nasi Kucing Pak Gik, Angkringan Legendaris di Kota Semarang

Oh ya, bagi yang tidak tahan pedas, rumah makan ini juga menyediakan menu rajungan kukus yang pastinya aman untuk lambung kamu. Tapi, khusus buat kalian para pecinta pedas dan penasaran seperti apa sih rasa kare rajungan yang luar biasa pedas ini, jangan lupa mampir dan cicipi kuliner khas Tuban ini ya!

Tidak perlu khawatir, untuk menikmati sensasi kare rajungan yang super pedas ini, sobat liburasik hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 100.000 saja. Selamat mencoba. (Ans/L2)

Leave a Reply