Keindahaan Alam di Sunrise Point Cukul

(Foto:Anisa Siti Mariam/LiburAsik.com)

Bagi pecinta wisata alam di Bandung, kini sudah banyak pilihan tempat wisata untuk dikunjungi. Tapi, ada salah satu wisata alam yang sangat indah yang tidak jauh dari kota Bandung yakni di Bandung Selatan. Jika kalian hanya tau wisata Bandung Selatan adalah kawasan Ciwidey, ternyata tidak hanya itu. Karena di Bandung Selatan sendiri kini mempunyai tempat wisata yang tersembunyi yang tak kalah indah dengan kawasan Ciwidey. Tempat itu dinamai Sunrise Point Cukul.

Perkebunan teh yang indah di dataran tinggi ini merupakan surga yang tersembunyi letaknya di perkebunan Malabar yang dikelola PTPN VIII Sukaluyu, kecamatan Pangalengan, Jawa Barat. Pada mulanya tempat ini tidak terkenal seperti kebun teh Rancabali yang ada di Ciwidey. Seiring berjalannya waktu, tempat ini mulai terkenal baru 1-2 tahun setelah terkenalnya tempat wisata Situ Cileunca yang tidak jauh jaraknya dari Sunrise Point Cukulini. Sejak banyaknya wisatawan yang datang ketempat ini dan mulai memamerkannya di instagram mulailah tempat ini ramai dikunjungi dan dikelola fasilitasnya.

Kebun teh terhampar luas (Foto: Anisa Siti Mariam/LiburAsik.com)
Ini Aku…,kelihatan gak…? (Foto: Anisa Siti Mariam/LiburAsik.com)

Tempat ini sangat terkenal akan keindahan alamnya yang hijau yang dapat menyejukkan mata. Tempat ini terdapat banyak spot foto yang unik dan kekinian. Suasananya yang masih alami dan udara yang bersih ditambah lagi pemandangan yang luar biasa pada saat terbit matahari  membuat Sunrise Point Cukul menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi bagi para pencinta alam dan keindahan.

Tidak hanya memiliki keindahan alam, di sekitar Sunrise Point Cukul terdapat villa yang unik. Desain bangunannya berarsitektur Eropa. Villa ini biasa juga disebut Villa Jerman. Villa ini lokasinya tidak jauh dengan point Cukul, lokasinya berada tepat di atas bukit kecil dan disekitarnya dikelilingi oleh danau kecil yang eksotik untuk dilihat. Konon, Villa Jerman ini merupakan salah satu villa angker di Pangalengan.

Lokasi favorit untuk berfoto (Foto: Anisa Siti Mariam/LiburAsik.com)
Satu lagi lokasi favorit untuk berfoto (Foto: Anisa Siti Mariam/LiburAsik.com)

Untuk mengunjungi kawasan point Cukul ini wisatawan cukup membayar Rp5.000  tiket masuk dan Rp2.000 untuk parkir motor. Untuk mencapai ke tempat wisata ini, kita membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit dari Kota Bandung. Waktu yang tepat untuk menyaksikan sunrise di point Cukul ini pada pukul 05.45-06.20. Karena pada waktu tersebut pemandangan yang indah sedang berlangsung. Biasanya tempat ini dikunjungi oleh para wisatawan touring motor yang istirahat sejenak sebelum menuju pantai. Jalan menuju ke tempat ini pun masih sepi, karena belum banyak yang tahu daerah Cukul Pangalengan ini. Biasanya tempat ini menjadi jalan alternatif menuju pantai Ranca Buaya kabupaten Garut, Jawa Barat.

Meskipun tempat ini terletak cukup jauh dan jalan akses menuju lokasinya yang tersembunyi, dijamin setelah tiba di sana semua kepenatan dan rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan yang luar biasa oleh perkebunan teh di Sunrise Point Cukul.

Menurut saya, tempat yang sudah saya kunjungi 2 kali ini, adalah salah satu potensi wisata alam yang wajib dikembangkan dan dikelola dengan baik. Karena tempat ini juga bisa menjadi ladang ekonomi bagi masyarakat lokal yang mengelolanya. Oleh karena itu, jangan segan-segan untuk datang ke tempat wisata ini dan menyaksikan indahnya alam di surga tersembunyi Pangalengan. (Anisa Siti Mariam, Kandidat Juara Kategori Favorit LMADWI 2108)

***

 

4 Replies to “Keindahaan Alam di Sunrise Point Cukul”

  1. Terimakasih info liburannya.. ibu baru tau dr kamu ternyata ciwidey msh ada tempat yg blum d kunjungi untuk berwisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *