Home > Destinasi > Belajar Saham dan Pasar Modal di Galeri Bursa Efek Indonesia

Belajar Saham dan Pasar Modal di Galeri Bursa Efek Indonesia

Bagi teman-teman yang ingin mengenal dunia saham dan pasar modal, Bursa Efek Indonesia (BEI) telah menyediakan fasilitas pembelajaran, berupa Galeri BEI. Letaknya di Gedung BEI tower 2 lt. 1, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta. Disana kita bisa berwisata sekaligus belajar dalam suasana yang nyaman hingga waktu pun tak terasa terus berjalan. Pengetahuan berharga mengenai pasar modal dusuguhkan sejak kita berada di area masuk dan terus hingga ke dalam.

Ketika akan masuk, kita disambut oleh logo BEI dan tulisan “Galeri Bursa Efek Indonesia” yang ada di dinding. Tampak pula prasasti peresmian Galeri  BEI tersebut.

Kemudian kita memasuki area dimana terdapat beberapa monitor layar sentuh. Dengan monitor tersebut kita dapat belajar mengenai Struktur Pasar Modal Indonesia, cara perusahaan mendapatkan dana jangka panjang melalui pasar modal, proses untuk melakukan Initial Public Offering (IPO), cara menjadi investor dan cara melakukan transaksi di BEI. Selain di monitor, informasi tersebut juga tersedia di poster yang ditempel di dinding.

Baca juga:  Pesona Alam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Selanjutnya, kita memasuki area yang disebut musem mini. Melalui tampilan yang berjejer di dinding,  kita dapat mempelajari peristiwa-peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah pasar modal Indonesia. Pada dinding di seberangnya, ditampilkan informasi mengenai evolusi mekanisme perdagangan efek.

Oh ya…., di sini terdapat Fun Corner, tempat berfoto yang hasilnya akan dikirimkan via alamat e-mail yang kita ketik.

Di sebelah museum mini, ada ruangan yang sangat luas dan tinggi.  Tadinya ruangan ini adalah trading floor, tempat broker mengeksekusi  transaksi atas perintah nasabahnya. Pada tahun 2011, sejak sistem remote trading diterapkan maka trading floor tidak dipakai lagi. Ruangan tersebut direnovasi hingga tampak seperti sekarang ini.

Sepanjang dinding bagian atas ruangan, ada running text yang terus bergerak.  Running text tersebut berupa harga saham, indeks sektoral dan indek-indeks lain yang dipakai   di BEI. Ada pula layar monitor yang sangat lebar terpasang pada satu sisi dinding. Layar tersebut menampilkan beberapa statistik perdagangan secara real time.

Di bagian atas tengah ruangan, tampak logo BEI, terlihat seperti setengah bola berwarna merah dengan garis-garis putih. Di bawahnya terdapat beberapa gambar kartun yang dipakai sebagai media belajar tentang saham dan pasar modal.

Baca juga:  Keindahaan Alam di Sunrise Point Cukul

Setelah berkeliling sekaligus belajar tentang saham dan pasar modal..sebelum pulang, jangan lupa y..,membeli souvenir..,sebagai kenang-kenangan pernah mampir di BEI atau malah sebagai pengingat bahwa suatu saat nanti kita juga akan menjadi investor di pasar modal Indonesia. :)) (Jah)

You may also like
Menjelajahi Fasilitas Olahraga Kelas Dunia di Jakabaring Sport City
Pempek, Makanan Favorit Wong Kito
Kambang Iwak tampil lebih cantik, indah dan mempesona
Pesona dan Keindahan Rumah Sesat Agung Bumi Gayo

Leave a Reply